Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Korem 081/DSJ Laksanakan Pembinaan Tata Ruang Pertahanan Darat

Dibaca: 78 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Korem 081/DSJ melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat, yang  diikuti oleh Kasdim, Danramil dan Bintara perwakilan dari tiap-tiap Kodim Jajaran Korem 081/DSJ bertempat di Aula Makorem 081/DSJ Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Senin (28/9).

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan petunjuk dan pedoman bagi satuan komando kewilayahan jajaran Korem 081/dsj dalam melaksanakan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat diwilayah masing-masing.

Dalam sambutan Danrem 081/DSJ yang dibacakan Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Akhyari, S.I.P menyampaikan Rencana tata ruang wilayah untuk pertahanan pada tingkat Korem memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan diwilayah tingkat Korem dan merupakan penjabaran dari RTRW pertahanan tingkat Kodam maupun RTRW Pertahanan Nasional dan sekaligus digunakan sebagai pedoman bagi penyusunan RTRW  pertahan tingkat Kodim.

Sinkronisasi antar sektor yang memegang kebijakan pengaturan pemanfaatan ruang menjadi suatu keharusan melalui pembahasan oleh pemangku kepentingan yaitu Pemerintah, sawasta dan Masyarakat, melalui singkronisasi antara rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) dan rencana tata ruang wilayah pertahanan pada tingkat Kodam, maka akan menghsilkan tata ruang wilayah yang baik sehingga dapat dijadikan pedoman bagi RTRW pertahanan pada tingkat Kore maupun Kodim.

Baca juga:  Kasrem 081/DSJ Dampingi Dirjen PSP Kementan RI dan Tim Sergap di Wilayah Ponorogo

Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di Darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya merupakan potensi Geografi, Demografi dan Kondisis sosial sebagai Ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh yang bisa menjadai kekuatan wilayah.

Danrem 081/DSJ mengharapkan agar melalui kegiatan sosialisasi ini akan terwujud kesamaan Visi dan persepsi antara tata ruang wilayah pertahanan darat baik tingkat Kodam, Korem dan Kodim.

Komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah perlu dijaga dan terus ditingkatkan, sehingga tumbuh kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial. Untuk itu, agar pelaksanaan kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, maka setiap Prajurit TNI AD harus selalu memahami tentang pokok-pokok penyelenggaraan kegiatan komunikasi sosial tersebut, dengan harapan pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. Tutur Danrem.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel