TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menyambut ke-70 HUT TNI : TNI Tanam Pohon Mangrove

By 28 Sep 2015 10:48Kodam VI/Mulawarman
20150928a

Balikpapan, Demi membantu program pemerintah menciptakan kawasan lingkungan hidup seluas 29.191 hektare atau 58 persen dari luas Balikpapan, ratusan anggota TNI dari Kodam VI/Mlw, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan, Polres Balikpapan menanam pohon mangrove di kawasan Pantai Teritip, Sabtu pagi (26/9).

Selain TNI hadir pula Pemkot Balikpapan, PT Pertamina, PT Total E&P Indonesie, Hotel Sagita, Hotel Benakutai, dan elemen masyarakat lainnya. Penanaman pohon mangrove tersebut di buka oleh Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Ana Supriatna dan didampingi Danlanal Balikpapan Letkol Laut Arief Budiman dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan Suryanto. Setidaknya ada 3.500 bibit bakau yang ditanam dalam kegiatan tersebut.

Program penghijauan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-70 TNI. Irdam Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf Ana Supriatna dalam kesempatan tersebut mengatakan, perluasan hutan bakau di Teritip tak lepas adanya nilai ekonomis dari bakau. Menurutnya, hutan bakau tidak hanya menjaga keanekaragaman hayati, melainkan mampu disulap menjadi tempat rekreasi.

Kedepannya kami berencana menjadikan daerah ini sebagai penangkaran kera Kalimantan. Seperti di Bali, masyarakat di sana sering rekreasi ke hutan bakau. Tentu, di sini bisa juga dibuat seperti di sana, sehingga hutan ini bisa memberi dampak positif lain,” kata Irdam.

Ditemui tempat terpisah Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan Suryanto mengatakan program seperti ini cukup bagus. Karena membantu pemerintah dalam memperluas kawasan hijau. Khususnya mangrove,”. (Penerangan Kodam VI/Mlw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menyambut ke-70 HUT TNI : TNI Tanam Pohon Mangrove