TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Para Babinsa Jajaran Korem 084/Bj Terima Pembekalan Permainan Matematika Bela Negara

By 23 Sep 2015 14:56Kodam V/Brawijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Surabaya (23/09/2015), Para Babinsa (Bintara Pembina Desa) jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya Surabaya menerima pelatihan dan pembekalan permainan matematika bela negara yang bertempat di Aula Makorem 084/Bhaskara Jaya.

 Pemberian pembekalan tersebut dibuka langsung oleh Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad, yang dimaksudkan sebagai upaya Pembinaan Kesiapan Aparat Wilayah dan Kemampuan Teritorial  dalam rangka meningkatkan kemampuan Babinsa pada Permainan Wawasan Kebangsaan Matematika Bela Negara. Dengan adanya pembekalan ini diharapkan nantinya para Babinsa dapat melatih/mengajarkan dan mensosialisasikan kepada para pelajar dan mahasiswa ataupun masyarakat yang ada di daerah binaannya masing – masning.

 Permainan matematika yang dikenal dengan permainan matematika bela negara ini lahir dari ide Danrem 084/Bhaskara Jaya  Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad
bekerjasa sama dengan Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Dr. Ir. Ridwan Hasan Saputra, sehingga menghasilkan sebuah konsep permaian yang dikemas sangat menarik, yang isinya terkait dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber pada 4 pilar konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI.

 Permainan tersebut dilatarbelakangi pada kondisi saat ini terutama di kalangan generasi muda bangsa terhadap rasa nasionalisme yang telah luntur dan terjadi salah satu masalah sosial yakni degradasi moral.  Sementara itu, upaya dari pemerintah dalam rangka mensosialisasikan pemahaman wawasan kebangsaan tersebut masih terbatas. Untuk itu, Danrem 084/BJ mencari solusi bagaimana mengatasi permasalahan tersebut dengan terus melatihkan para Babinsa di jajaran Korem 084/BJ, yang nantinya dapat diteruskan/diberikan kepada masyarakat, mulai dari pelajar SD, SMP,SMA maupun Mahasiswa dan Masyarakat umumnya.

 Permainan Matematika Bela Negara tersebut selain telah dilatihkan/disosialisasikan kepada para prajurit Korem 084/BJ, juga telah disosialisasikan kepada kalangan pelajar SMP dan SMA serta Mahasiswa Unair Surabaya pada saat Pameran Alutsista TNI di Kampus C Unair Mulyorejo Surabaya dan saat Kunjungan Kasad pada Panen Raya Padi Upsus 2015 di Kabupaten Sidoarjo beberapa waktu lalu dan mendapatkan apresiasi dan tanggapan yang positif, baik dari Kasad, para Mahasiswa maupun pelajar yang telah mengikuti permainan tersebut. Mereka tertarik karena permainannya sangat menantang dan asyik, katanya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Para Babinsa Jajaran Korem 084/Bj Terima Pembekalan Permainan Matematika Bela Negara