Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Penanaman Mangrove di Pesisir Pantai Dresi

Dibaca: 36 Oleh 30 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) TNI ke 70, baru-baru ini Kodim 0720/Rembang menanam 3.000 pohon manggrove di pesisir pantai Dresi Kulon kecamatan Kaliori, Rembang. Kegiatan itu melibatkan anggota prajurit TNI, polisi, pelajar, serta masyarakat setempat.

Dandim 0720/Rembang, Letnan Kolonel Inf Wawan Indaryanto SPd mengungkapkan, kegiatan itu dimaksudkan sebagai salah satu pencegahan terhadap terjadinya bencana atau abrasi. Manggrove jenis api-api ini adalah jenis pesisir lumpur yang diyakini mampu meredam abrasi laut.
Pemerintah tidak bisa sendiri dalam melaksanakan program penghijauan di pesisir pantai, maka dibutuhkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat lokal sebagai pelestari. Masyarakat menjadi kunci agar manggrove yang ditanam tidak sia-sia atau bahkan hilang.
“Hutan manggrove termasuk dilindungi UU, dan apabila merusak dengan sengaja maka akan berhubungan dengan hukum”, tegas Dandim.
Koordinator penghijauan Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Endro Ekoloyo menambahkan, acara tanam manggrove merupakan langkah lanjutan dari program BLH (Badan Lingkungan Hidup ).
Pemilihan lokasi di pesisir pantai Dresi kulon, kaliori lantaran pantai tersebut merupakan titik penghijauan berkesinambungan. Sebelumnya, Kodim 0720/Rembang juga sudah melakukan upaya serupa dilokasi yang sama.
” Ini adalah lanjutan program Kodim 0720/Rembang. Kami hanya menambal beberapa lokasi yang belum ditanami pada program sebelumnya, ” tandasnya.
Baca juga:  Sambut HUT Ke 72 TNI, Kodim Pidie Rehab Rumah Veteran Pejuang Kemerdekaan

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel