TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penanaman Pohon Mangrove Di Pantai Muara Reja Desa Depok Kec. Kandeman

By 26 Sep 2015 18:37Kodam IV/Diponegoro
mgrv1

Batang,- Bertempat di Pantai Muara Reja Desa Depok Kec. Kandeman. Kodim 0736/Batang menanam pohon mangrove sebanyak 500 buah. Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Baksos dalam rangka HUT TNI ke 70.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Andiek Prasetyo Awibowo, mengatakan,” bahwa kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan karena kita melihat pantai yang ada di sekitar Sigandu – Ujung negoro sangat memprihatinkan karena telah terjadi abrasi. Dengan di tanamnya pohon mangrove diharapkan akan mengurangi terjadinya abrasi. Sebab pantai akan berkurang keindahannya apabila pantai itu tidak dirawat dengan baik. Kita harus merawat dan menjaga kelestarian ekosistem yang ada sebab nantinya agar berguna bagi cucu – cucu kita. Siapa lagi kalau bukan kita sebagai pemerhati keasrian dan keindahan pantai,” kata Dandim 0736/Batang.

Wakil Bupati Batang Sutadi juga mengatakan,” Sangat berterima kasih kepada Kodim 0736/batang dan Posmat AL Batang karena dengan kesibukannya masih sudi memperhatikan keindahan dan keasrian pantai batang. Saya sangat mendukung kegiatan penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan di sekitar pantai Muara Reja Desa Depok Kec. Kandeman. Dengan Sudah ditanamnya pohon mangrove tersebut kita wajib merawat dan menjaganya agar benar – benar bermanfaat bagi cucu – cucu kita seperti yang dikatakan Dandim 0736/Batang dalam sambutannya tadi,” Kata Wakil Bupati Batang.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Bapak Edi, mengatakan,” bahwa mangrove adalah Jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat payau. Dimana manfaat dari pohon mangrove diantaranya untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil, melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi, menahan badai/angin kencang dari laut, menahan hasil proses penimbunan lumpur sehingga memungkinkan terbentuknya lahan batu, menjadi wilayah penyangga serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar. Dan bagi manusia pohon mangrove sangat berguna dan bermanfaat dalam berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pohon Mangrove adalah pohon berkayu yang kuat dan berdaun lebar sehingga dapat digunakan sebagai Tempat tambal kapal, Obat – obatan, pengawet, pakan serta makanan dan lain sebagainya,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Batang.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Kodim 0736/Batang, Posmat AL Batang, Polres Batang, LSM Pelangi Nusa, FKPPI Kab. Batang, Persit Kodim 0736/Batang, Perangkat Desa Depok, Pelajar SMA SUPM dan SMP Negeri 9 Batang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penanaman Pohon Mangrove Di Pantai Muara Reja Desa Depok Kec. Kandeman