Skip to main content
Kostrad

Personel Kostrad  Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut di Ogan Komering Ilir

Dibaca: 111 Oleh 15 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Seratus personel dari Batalyon Armed 10 Kostrad yang bermarkas di Bogor Jawa Barat di pimpin langsung Komandan Batalyon Letkol ARM Johanes Toar Pioh mulai terjun membantu pemadaman kebakaran lahan gambut di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Sabtu (12/9/2015).

Mereka merupakan bagian dari 1.050 personel TNI yang dikerahkan untuk mengatasi kebakaran lahan di Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi. Lokasi yang menjadi sasaran pemadaman 100 personel Yon Armed 10 Kostrad itu berada Desa Kedaton Kecamatan Kota Kayuagung OKI. Lahan gambut seluas lima hektar yang dilalap api di lokasi tersebut menjadi tugas awal mereka untuk memadamkannya.

Dalam tugasnya petugas dari Yon armed 10 Kostrad itu bekerja sama dengan personel Manggala Agni dari Kabupaten Lahat yang diperbantukan di kabupaten OKI. Komandan Batalyon Letkol ARM Johanes Toar Pioh, mengatakan mereka baru kemarin mendapat perintah dari komando atas untuk berangkat ke Palembang dengan tugas utama mengatasi kebakaran lahan dan kabut asap.

“Kami tiba di Palembang pukul 12 malam menggunakan pesawat terbang dari Halim (Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta),” katanya. Komandan Batalyon Letkol ARM Johanes Toar Pioh menambahkan 100 personel dari Yon Armed 10 Kostrad itu dibagi menjadi beberapa regu dengan 30 jumlah personel tiap regu.

Baca juga:  Peduli Lingkungan, Yonarmed 11 Bersihkan Kali Manggis

Komandan Batalyon Letkol ARM Johanes Toar Pioh juga mengatakan kendala mereka dalam mengatasi kebakaran lahan gambut adalah sumber air karena sumur dan  kanal yang ada di lokasi perkebunan dan kebon warga hampir semuanya kering.

“Kalaupaun ada sumber air lokasinya jauh mencapai dua kilometer,” terang Komandan Batalyon Letkol ARM Johanes Toar Pioh.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel