TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sosialisasi Bahaya Narkoba, Danrem Instruksikan Perang Lawan Narkoba

By 22 Sep 2015 14:58Kodam V/Brawijaya
2(3)

Mojokerto ( 22/09 )   Peredaran Narkoba di kalangan masyarakat saat ini bukan lagi menjadi issue kedaerahan, namun telah menjadi issue nasional bahkan internasional yang harus secara serius mendapatkan penanganan oleh pihak berwenang, karena dampaknya dipastikan dapat menghancurkan para penggunanya yang umumnya adalah para generasi muda suatu bangsa, yang berpengaruh langsung terhadap masa depan suatu bangsa, termasuk Indonesia.

Tidaklah kita pungkiri bahwa peredaran dan penggunaan Narkoba telah merambah ke berbagai komponen bangsa melalui beberapa oknumnya, termasuk diantaranya di lingkungan TNI – AD, sehingga perlu dilaksanakan langkah – langkah tertentu didalam lingkungan satuan TNI-AD dalam mencegah, memberantas penyalahgunaan dan peredaran barang haram tersebut.

Maka pada Selasa 22 September 2015 sejak pukul 08.30 wib, bertempat di Aula Makorem 082/CPYJ digelar acara Sosialisasi bahaya Narkoba dan Test Urine yang bertajuk “ Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba “, yang diikuti oleh anggota militer dan PNS Makorem 082/CPYJ, Makodim 0815/Mojokerto, Satuan Badan Prasarana wilayah Mojokerto, dengan total obyek sosialisasi mencapai 150 orang, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Urine untuk test Narkoba, dan darah untuk test HIV.

Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham Waroihan S.Sos dalam sambutannya menginstruksikan kepada seluruh anggota untuk  bersama-sama perang melawan narkoba, karena barang haram tersebut  akan merusak keluarga dan masyarakat, bahkan anak-anak generasi penerus bangsa Indonesia juga akan hancur karena penyalahgunaan barang haram tersebut.

Ditambahkan olehnya, sebagai aparat komando kewilayahan kita harus bisa memberikan contoh dan memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang ada di sekitar kita, karena narkoba adalah bahan/zat yang jika dimasukkan dalam tubuh manusia baik secara oral/diminum, dihirup maupun disuntikkan dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Acara yang terselenggara atas kerja sama Korem dengan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Dra. CH. Indah W. Apt,  sebagai nara sumber yang memberikan sosialisasi secara panjang lebar tentang Narkoba dan Minuman Keras, yang meliputi pengertian , penggolongan, cara penggunaan, dampak penyalah gunaannya sampai dengan proses hukum dan ketentuan pidananya.

Selesai menerima sosialisasi tentang kedua barang haram tersebut, maka acara dilanjutkan dengan test Urine  untuk mengetahui kandungan Zat Adiktif dalam tubuh dan test Darah untuk mengetahui ada tidaknya HIV, dan hasilnya  test Urine dapat diketahui langsung dan ke-150 anggota tersebut dinyatakan negatif, namun untuk test darah masih harus menunggu hasil pemeriksaan  laboratorium.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kasrem 082/CPYJ Letkol Arh Sinthu Bas Ignatius S.Sos, para Kasirem, dan seluruh perwira Makorem 082/CPYJ. ( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sosialisasi Bahaya Narkoba, Danrem Instruksikan Perang Lawan Narkoba