Kliping

TNI AD Konsisten Bantu Pencapaian Program Swasembada Pangan Nasional

Oleh 22 Sep 2015 September 30th, 2015 Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD 

Beberapa bulan yang lalu pucuk pimpinan TNI Angkatan Darat telah diserah terimakan dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Jenderal TNI Mulyono, walaupun tampuk pimpinan Angkatan Darat telah berganti namun program-program dan kebijakan pejabat Kasad terdahulu akan tetap dilanjutkan oleh Jenderal TNI Mulyono, hal tersebut disampaikan Jenderal TNI Mulyono usai pelaksanaan serah terima jabatan Kasad di Mabesad, Jakarta Pusat.

Tindak lanjut kebijakan tersebut meliputi pening­katan pembinaan satuan dan profesionalisme prafjurit, termasuk program khusus dalam rangka membantu dan menyukseskan Program Pemerintah dalam pencapaian swasembada Pa­ngan Nasional.

Program khusus dalam rangka membantu pencapaian swasembada pangan nasional tersebut merupa­kan tindak lanjut kerjasama antara kementerian pertanian dengan Angka­tan Darat yang ditandatangani Men­teri Pertanian dan Kasad di Balai Kartini beberapa bulan yang lalu. Kerjasa­ma tersebut meliputi pendampingan dan memberikan motifasi kepada para petani dalam upaya mendukung pe­ningkatan produktlfitas hasil perta­nian padi, jagung dan kedelai melalui program perbaikan irigasi dan pendu­kung lainnya. Dalam pelaksanaannya TNI AD mengerahkan Babinsa di se­luruh Kotama jajaran Angkatan Darat bersama sama dengan para penyuluh dari Departemen pertanian di daerah untuk turun ke lapangan.

Salah satu kegiatan dalam rangka melaksanakan program khusus terse­but beberapa waktu yang lalu tepat­nya 19 Agustus 2015, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono turun langsung ke sawah ikut mena­nam padi bersama para petani dan masyarakat di Desa Mekarsakti Ke­camatan Gemas, Kabupaten Sukabumi, dan memberikan bantuan ke­pada para petani berupa 15 unit handtractor dan 50 unit pompa air, hal ini di­laksanakan Kasad dalam rangka ikut memberikan dorongan moril dan motifasi kepada petani khususnya yang berada di Ciemas agar hasil produksifitas pertaniannya meningkat.

Awal kegiatan tanam padi yang di­laksanakan secara massal ini terse­lenggara atas permintaan Kepala Desa dan Masyarakat Desa Mekarsakti Ke­camatan Ciemas kepada Kasad. Se­bagaimana diketahui sebelumnya bah­wa lahan pertanian di desa Mekarsakti sampai dengan fahun 2014 massa ta­nam padi hanya satu kali dalam setahun karena pengairan hanya mengandalkan air tadah hujan. Saat itu masyarakat melalui kepala Desanya mengusulkan kepada Letjen TNI Mulyono saat itu Pangkostrad, untuk dibuatkan saluran irigasi dan pipanisasi yang mengam­bil sumber air dari sungai Ciletuh, agar persawahan mereka dapat ditanami lebih dari satu kali dalam setahun.

Selanjutnya melalui kegiatan Karya Bhakti TNI bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dilaksanakanlah penyempurnaan irigasi melalui pipa­nisasi mengalirkan air ke sawah-sawah penduduk sepanjang ± 4.050 M, dari hasil kegiatan penyempurnaan iri­gasi dan pembuatan pipanisasi terse­but. Setelah adanya penyempurnaan irigasi tersebut kini masyarakat dapat menanam padi tiga kali dalam setahun dan tanam padi yang dilakukan Kasad bersama masyarakat merupakan ta­nam padi yang ke tiga kalinya di lahan seluas lebih kurang 400 hektar.

Selain kegiatan penyempurnaan Irigasi pertanian dalam Karya Bhak­ti TNI tersebut pasukan Kostrad yang dikerahkan juga membuat penam­pungan dan pipanisasi air bersih un­tuk masyarakat, merenofasi mushola 1 unit dan merehab 13 unit rumah ma­syarakat tidak layak huni serta melak­sanakan kegiatan bhakti sosial yang meliputi sunatan massal, pelayanan KB dan pembagian paket sembako ke­pada masyarakat yang kurang mampu.

Selaku Kepala Staf Angkatan Da­rat dan pribadi, Kasad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kepala Desa Mekarsak­ti, Kec. Ciemas Kab. Sukabumi yang telah bersungguh-sungguh meng­gugah masyarakatnya untuk melak­sanakan penanaman padi secara baik dan benar. Kasad berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan se­hingga dapat dilakukan pula di sejum­lah wilayah di Indonesia agar pening­katan produktivitas pertanian dapat diwujudkan secara nyata.

Hal ini juga sejalan dengan slogan TNI  ‘ Terbaik Bagi Rakyat Terbaik Un­tuk TNI ‘.

Hadir dalam kegiatan tanam padi tersebut Pangdam III/Siliwangi, Asops Kasad, Aster Kasad dan Kadispenad, Direksi dan Staf Direksi BNI, Dirjen PSP : beserta rombongan dari Kementerian Pertanian RI, serta unsur FKPD Kabu­paten Sukabumi, tokoh masyarakat, Ormas dan segenap warga masyara­kat sekitar. (Sumber: HU Pelita)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel