TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Warga Kodiklat TNI AD Peringati Hari Raya Idul Adha 1436 H

By 25 Sep 2015 06:45Kodiklat
W2

Bandung – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha1436 Hijriah, umat muslim Kodiklat TNI AD turut menyelenggarakan Sholat ‘Id bersama warga sekitar Makodiklat TNI AD di Lapangan Makodiklat TNI AD jalan Aceh no.50 Bandung.,Kamis (24/9).

Sholat Id berlangsung pada pagi hari dihadiri sekitar 500 jamaah termasuk Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI Agus Sutomo, S.E., yang didampingi pejabat teras Kodiklat dan masyarakat lainnya, yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban oleh Komandan Kodiklat kepada Dandenma Letkol Inf N.Obet Imkorle dengan jumlah kurban sebanyak 1 ekor sapi dan 7 ekor domba.

Sedangkan Komandan Kodiklat TNI AD dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Idul Adha merupakan momentum ibadah sosial yang ditandai dengan kerelaan berkorban bagi umat muslim yang mampu dengan hewan-hewan yang dipersyaratkan agama untuk disembelih agar dagingnya dibagikan kepada umat yang memerluka. Hal ini merupakan bentuk solidaritas dan soliditas umat muslim untuk saling membantu agar memperoleh pahala serta membudayakan tolong-menolong sehingga memperoleh keselamatan dunia dan akhirat. Hikmah tersebut telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alahi Salam beberapa abad lalu yang patuh menjalankan perintah Allah Subhana Wa Taala untuk menyembelih putranya Ismail sebagai bukti ketaqwaannya.

Sementara itu Khotib Ustad Solmed yang khusus didatangkan dari Jakarta menguraikan hikmah-hikmah Idul Adha yang di sebut juga Hari Raya Kurban dan Hari Raya Haji. Diceritakan kisah hidup Keluarga Nabi Ibrahim Alaihi Salam ketika Istri dan anaknya yang masih bayi mendapat wahyu untuk pergi jauh dari kampung halamannya agar mendiami sebuah lembah yang sunyi tanpa kehidupan manusia di dalamnya. Namun dengan kesabaran, kerelaan dan ketaqwaan perintah tersebut dijalani hingga akhirnya wilayah tersebut berkembang menjadi kota yang makmur bernama Mekkah sebagai pusat umat Islam menjalankan ibadah haji. Ditekankan hikmah ibadah kurban adalah kesadaran untuk berkorban sebagai wujud ketaqwaan seseorang kepada Tuhan dengan ditunjukkan melalui amalan yang mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri-sendiri.

Rangkaian peringatan Idul Adha 1436 Hijriah di Makodiklat TNI AD dilaksanakan dengan berbagai acara meliputi pengumpulan hewan-hewan korban, penyembelihan dan pendistribusian daging bagi warga di sekitar Makodiklat TNI AD. Menurut rencana terdapat sekitar seribu paket daging yang akan dibagikan bagi masyarakat baik anggota Makodiklat TNI AD maupun warga sekitarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Warga Kodiklat TNI AD Peringati Hari Raya Idul Adha 1436 H