Skip to main content
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kapten Inf Gunawan dari Staf Jasdam XVII/Cenderawasih memimpin pelaksanaan test Kesemaptaan Jasmani Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 April 2016 bagi prajurit jajaran Korem 171/PVT bertempat di lapangan Smapta Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Selasa- Rabu (21/10).

Kegiatan test Kesemaptaan Jasmani ini, juga diawasi oleh Kasi Pesonalia Korem 171/PVT Kolonel Inf Edy Rochmatullah diikuti oleh para prajurit yang akan di Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 April 2016 dari Makorem 171/PVT, Yonif 752/VYS serta Kodim 1704/Sorong sebanyak 41 orang. Pelaksanaan test Kesemaptaan Jasmani ini harus menjadi perhatian bagi prajurit, agar dapat lulus dengan baik sehingga dapat diajukan dalam UKP, diharapkan setiap prajurit dapat memperjuangkan hasil yang terbaik dari diri sendiri karena samapta dan renang militer adalah merupakan persaratan untuk UKP.

Adapun yang dilaksanakan dalam Tes Kesegaran Jasmani bagi prajurit yang UKP ini adalah lari dengan jarak tempuh adalah 3.200 meter (samapta A), Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (samapta B). Untuk menentukan jumlah nilai samapta B adalah jumlah dari nilai-nilai samapta B dibagi 4. Dari nilai hasil keseluruhan tes Kesegaran Jasmani (samapta A+B) ini di bagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta UKP ditambah dengan nilai renang militer. Pelaksanaan semapta UKP ini dilaksanakan selama 2 hari dan bagi prajurit jajaran Korem 171/PVT yang di UKPkan mutlak harus mengikutinya karena hal ini merupakan persyaratan bagi setiap prajurit yang di UKPkan. Namun demikian tidak memaksa bagi anggota yang tidak mampu melaksanakan karena sakit, yang perlu diperhatikan adalah sebelum melaksanakan harus dicek kesehatannya oleh anggota Kesehatan yang ada di lapangan serta prosedur yang lainnya sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh TNI AD Pendam 17 Cenderawasih.

Baca juga:  Hati Rakyat Digugah, Bersama TNI Perbaiki Jalan Rusak Parah

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel