TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Cegah Abrasi, Kodim Tanjab Canangkan Tanam Bakau

By 29 Oct 2015 08:40Kodam II/Sriwijaya
IMG-20151028-WA0033
Kuala Tungkal – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0419/Tanjab Letkol Inf Aqsha Erlangga, S.H yang di wakili Pasiterdim Kapten Inf Salami memimpin penanaman pohon bakau di area pesisir Pantai parit 9 kelurahan tungkal 1 kecamatan tungkal ilir Kabupaten Tanjab Barat, Rabu (28/10).

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan kelanjutan rangkaian kegiatan dalam TNI ke 70 tahun 2015 yang lalu sudah di canangkan serta Hari Sumpah Pemuda 28 oktober 2015.
“Pada acara tersebut Kodim melibatkan personel Kodim 0419/Tanjab, elemen masyarakat diantaranya KNPI, PPM, FKPPI, Pramuka dan Mhs se Tungkal Ilir, Dinas Kelautan Kabupaten Tanjab Barat, Kades, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat sekitar 300 orang,” ujar Salami.
Salami mengatakan bahwa “Potensi pesisir pantai sangat penting bagi masyarakat.  Apabila tidak dirawat rentan abrasi pantai. Untuk itu, penanaman pohon diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi”, katanya.
Selain itu, bakau juga mampu menyerap energi gelombang untuk menjaga garis pantai tetap stabil, mengolah limbah pantai, menyerap karbondioksida, dan menghasilkan oksigen.
“Kegiatan ini bukan semata-mata penanaman pohon bakau ini bagian dari upaya TNI untuk menjaga kelestarian alam. “Maka dari itu, mari kita sama-sama untuk menjaga hutan di sekeliling kita, juga untuk mempererat hubungan Kodim dan elemen masyarakat. Demi menumbuhkan kemanunggalan sebagai upaya terwujudnya pembangunan di Tanjung jabung,”jelasnya.
Pasiter menambahkan, pihaknya tidak hanya berhenti menanam namun juga terus melakukan pemantauan terhadap tanaman bakau yang telah ditanam.
“Ke depan, di harapkan masyarakat mampu meningkatkan nilai-nilai kepekaan terhadap lingkungan hidup. Semoga ini bermanfaat,” pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Cegah Abrasi, Kodim Tanjab Canangkan Tanam Bakau