TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim Bangkalan : Arena Lomba Perahu Naga Bentuk Watak, Disiplin dan Sportifitas

By 11 Oct 2015 08:14Kodam V/Brawijaya
27604ad6973c32a309a00f50c8b8d51c

Bangkalan, – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI-ke70 Tahun 2015,  Lanal Batuporon dan Kodim 0829/Bangkalan, menggelar lomba perahu naga, tepatnya di Pantai Lanal Batuporon (Depan Pos Barat), Sabtu, (10/10/2015).

Lomba yang diikuti belasan tim dayung tersebut dibuka Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon, Lantamal V Letkol Mar Purwanto Hadi Saputro, dan dihadiri Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., unsur FKPD serta SKPD dijajaran Pemkab setempat. Menurut Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menjelaskan, lomba diikuti peserta atau tim dari berbagai instansi TNI, Polri, unsur pemerintah, pelajar dan masyarakat umum. “Selain memeriahkan HUT TNI ke 70, lomba perahu naga ini memiliki arti yang penting yaitu sebagai momentum kebangkitan kekuatan maritim, oleh karena itu perlombaan perahu naga perlu ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya secara berkelanjutan sehingga diharapkan  akan lebih memasyarakatkan olahraga air di wilayah Kabupaten Bangkalan pada khususnya”, katanya.

Dandim berhaharap “dengan lomba perahu naga bisa menjadi arena pembentukan watak, disiplin dan sportifitas para peserta lomba. Tentunya dampak tersebut secara simultan akan berpengaruh terhadap pembentukan sifat dan karakter sebagai bangsa bahari seperti yang telah dilakukan oleh para nenek moyang atau pendahulu kita pada jaman dahulu”, pungkas Dandim.

Sedangkan menurut Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon, Lantamal V Letkol Mar Purwanto Hadi Saputro sengaja menggelar lomba Perahu Naga sebagai cermin perjuangan TNI dan rakyat ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI dari tangan penjajah. Kekompakan tim merengkuh dayung menuju garis finis adalah gambaran kegigihan para pejuang TNI dan rakyat Indonesia untuk hidup merdeka dan berdaulat. Selain itu, tujuan lomba untuk melestarikan budaya masyarakat yang sebagian besarnya adalah nelayan tradisionil yang setiap hari bergelut menaklukkan gelombang saat berada di laut.

“Lomba perahu naga ini juga merupakan ajang untuk mempererat tali silaturahim dan sebagai wahana menjalin tali persaudaraan TNI dan masyarakat Bangkalan yang majemuk,” katanya. Ia menjelaskan, Kabupaten Bangkalan secara geografis, terletak di pintu gerbang pariwisata Suramadu. Karena itu, lomba Perahu Naga akan digelar setiap tahun dan diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Bangkalan ini.

Acara itu diikuti 18 regu perahu naga dari berbagai kalangan TNI, Polri, pelajar dan umum,mendapat perhatian dan antusiasme dari masyarakat. Autentifikasi : Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim Bangkalan : Arena Lomba Perahu Naga Bentuk Watak, Disiplin dan Sportifitas