TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim Bangkalan : Babinsa Diminta Aktif Mengecek Sawah Petani Binaannya

By 15 Oct 2015 07:32Kodam V/Brawijaya
brawijaya

Bangkalan, – Jajaran Kodim 0829/Bangkalan, dari Koramil hingga Babinsa giat pendampingan petani melaksanakann pengecekan dan monitoring tanaman padi, jagung dan kedelai. Selasa (13/10/2015).

Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menginstruksikan kepada Bintara Pembinan Desa (Babinsa) untuk melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mulai mengering di musim kemarau ini. Di samping itu para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah kabupaten Bangkalan ini.

“Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Dandim saat mengisi Jam Komandan di Aula Manunggal Makodim 0829/Bangkalan, kemarin.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2017, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

Mengingat, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk menyukseskan program swasembada pangan berupa padi, jagung, dan kedelai (Pajale) itu.

Dan pada masa tanam (MT) II tahun ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bangkalan menargetkan provitas (produktivitas tanaman) dalam gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (GP-PTT) mencapai 59,54 kuintal per hektare gabah kering giling (GKG).

Program kelanjutan sekolah lapang (SL) PTT ini berada di tiga kecamatan yakni Socah, Burneh, dan Kecamatan Klampis. Luasnya mencapai 4.3 hektare padi, jagung, dan 7 kedelai.

Dikatakan Dandim, tujuan program tersebut untuk membentuk pola tanam secara kawasan sehingga ada penguatan kelembagaan. Baik dalam manajemen maupun kualitasnya, sehingga memiliki nilai tawar tinggi.

Sementara pantauan di lapangan, Babinsa meningkatkan gia pengecekan dan penggontrolan perkembangan tanaman  kelompok tani di wilayah binaannya.  Diantaranya Babinsa Petaonan Koramil 02/Socah Serda Agus sedang meninjau meninjau tanaman kedelai dan jagung bersama petani di Desa Petaonan dengan luas lahan 1000m2.

Sedangkan Babinsa Koramil 04/Burneh bersama kelompok tani binaannya melaksanakan kegiatan monitoring tanaman jagung di desa Burneh Kecamatan  Burneh dengan luas lahan 1800m2 dan Babinsa Koramil 14/Klampis Serda Ali memantau perkembangan tanaman jagung di Desa Bragang Kecamatan Klampis luas lahan 1500m2.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim Bangkalan : Babinsa Diminta Aktif Mengecek Sawah Petani Binaannya