TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danramil 0814-13/Peterongan Hadiri Panen Raya Kedelai Produk Unggulan Di Musim Kemarau

By 09 Oct 2015 12:58Kodam V/Brawijaya
5 (3)
Proses pencapaian target kedaulatan pangan di berbagai daerah Indonesia terus bergulir. Selain pemberian bantuan alat mesin pertanian , pupuk, serta peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, Kementerian Pertanian juga melakukan kerjasama dengan TNI, Babinsa, dan mahasiswa di daerah.Dengan semua langkah tersebut, kedaulatan pangan diharapkan benar-benar tercapai pada 2017 mendatang.

Salah satu kerjasama Kementerian Pertanian dengan TNI dilakukan di Kecamatan Peterongan yang terletak di Kabupaten Jombang .Disana Komandan Koramil 0814/13 Kapten Czi Budi Santoso membuka panen perdana kedelai seluas 43 Ha, di Dusun  Tengaran Desa Tengaran Kecamatan Peterongan pada Kamis 8 Oktober 2015. Selain dihadiri Tomas, Kadin, Muspika, Kades, PPL, Gapoktan dan para petani Desa Tenggaran yang lahan pertaniannya sedang panen.
Dalam sambutannya, Kapten Czi Budi Santoso mengatakan kegiatan panen perdana kedelai itu dilakukan dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan.“Kami hanya member dukungan dan arahan dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk kedaulatan pangan, sehingga nantinya masyarakat bisa sejahtera,” ujar Budi dalam kesempatan tersebut. Ia  juga menyatakan, telah berkoordinasi dengan personil Babinsa Koramil Peterongan untuk membantu masyarakat membangun pertanian dan ekonomi di Kecamatan Peterongan, sehingga produksi pertanian,  terutama kedelai, dapat meningkat.
Kedelai sendiri merupakan salah satu komoditi yang menjadi unggulan petani di kala musim kemarau dan juga sasaran program Upaya Khusus (UPSUS) yang dilakukan Kementerian Pertanian. Selain kedelai, komoditi lainnya adalah padi dan jagung. Hingga saat ini, UPSUS telah dilaksanakan di 115 Kabupaten di seluruh Indonesia. Adanya dukungan dan bantuan dari TNI ini merupakan inisiatif Kementerian Pertanian agar kedaulatan pangan dapat tercapai.
Hal itu dipertegas dalam 11 rumusan kedaulatan pangan yang dikeluarkan Kementan dalam Musyawarah Rencana  Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan)  Nasional 2015  pada  3-4 Juni 2015 lalu di Jakarta. Selain di Jombang, dukungan  TNI terhadap kedaulatan pangan juga dilakukan di berbagai daerah lain di Indonesia. Sebagian besar dari mereka membantu petani memproses lahan pertaniannya hingga panen. Kapten Czi Budi Santoso sendiri dalam kesempatan tersebut menyatakan kebanggaannya terhadap para petani di Kecamatan Peterongan. Menurutnya, para petani sudah bekerjakeras mengelola lahan pertanian yang cukup luas di daerah tersebut dan penghasilan dari kacang kedelai di wilayah Desa Tengaran  rata rata menghasilkan  keuntungan  kurang lebih rp. 6.000.000 per hektar. ( PENREM 082 )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danramil 0814-13/Peterongan Hadiri Panen Raya Kedelai Produk Unggulan Di Musim Kemarau