TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 031/Wirabima Lepas Pasukan Satgas Pemadaman Kebakaran Hutan

By 27 Oct 2015 17:33Kodam I/Bukit Barisan
WRB

PEKANBARU (27/10/2015) – Ribuan personil TNI yang tergabung dalam pasukan penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan di Provinsi Riau, resmi dilepas oleh Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han) bersama Plt Gubernur Riau dan Danlanud Roesmin Nurjadin di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Pasukan Satgas akan digantikan dengan pasukan yang baru dan lebih segar, guna meningkatkan efektivitas dalam upaya pemadaman kebakaran lahan.

Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han) yang sekaligus menjadi Komandan Satgas Karlahut Riau mengatakan, pasukan yang ditarik ini berjumlah 1.059 orang, yang terdiri dari tiga satuan setingkat Batalyon (SSY), yang dipimpin oleh komandan berpangkat Kolonel Infanteri. “Kita memiliki pasukan yang memiliki semangat tinggi dan kita sadar, masih ada niat orang yang tak bertanggung jawab, baik perorangan atau kelompok yang berniat ingin membakar lahan. Maka dari itu, kita akan kerahkan pasukan gelombang kedua untuk fokus mengantisipasi hal tersebut,” Ujar Danrem 031/Wirabima. Danrem 031/Wirabima juga sangat apresiasi terhadap kerja keras Prajuritnya dalam penanggulangan bencana kabut asap di wilayah Provinsi Riau. Danrem juga sangat berterimakasih kepada prajurit Satgas dari Mabes TNI yang telah memberikan bantuannya sehingga mampu mengurangi jumlah titik api di Provinsi Riau.

“Untuk pasukan gelombang kedua yang diturunkan nanti, akan difokuskan pada penjagaan wilayah. Kalau muncul titik api, kita segera padamkan. Yang jadi fokus kita adalah pemadaman di Kabupaten Pelalawan, Inhu dan Inhil. Karena kawasan ini berbatasan langsung dengan wilayah Jambi dan Sumsel, yang cenderung dominan terjadi kebarakan lahan dan hutan,” tambah Danrem.

Pada kesempatan yang sama Plt Gubri juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas dari Mabes TNI yang sudah membantu Riau dalam menekan angka titik api hingga zero. “Saya mewakili seluruh masyarakat sangat mengapresiasi kerja prajurit di lapangan yang 24 jam penuh mengamankan serta mengantisipasi titik api di kawasan yang terbakar,” sebut Plt Gubri dalam sambutannya, yang didampingi Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han) dan Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi. (Penrem 031/WB)

Danrem 031/Wirabima Lepas Pasukan Satgas Pemadaman Kebakaran Hutan