TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 172/PWY buka TMMD ke 95 di wilayah Kodim 1701/Jayapura

By 09 Oct 2015 11:24Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-09_08-39-09

Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 yang dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di seluruh wilayah tanah air. Adapaun daerah TMMD dijajaran Kodam XVII/Cenderawasih  yaitu wilayah Kodim 1701/Jayapura di Kampung serebu, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Tema TMMD Ke-95 kali ini yaitu Dengan Semangat Kemanunggalan, TNI, Polri, Kemen-terian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan, Kamis (8/10).

Di Kabupaten Jayapura upacara pembukaan TMMD ke 95 dibuka oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Sugiyono, dalam amanat Kasad yang dibacakan oleh Danrem menyampaikan bahwa  program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian,Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat. Proses perencanaan TMMD berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, tertinggal, terisolasi, yang disusun dengan sistem Bottom up planning.

Program TMMD membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan, TMMD secara berkesenambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman. Kegiatan sasaran Non fisik yaitu berupa penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin serta pembangunan manusia dan lingkungan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), sedangkan sasaran fisik yang dilakukan tetap diprioritaskan kepada pembangunan Infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah. Kasad juga menekankan agar mengoptimalkan Program TMMD sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan

Serbuan Teritorial. dan melalui GEMA SANG JUARA yaitu gerakan Masyarakat membangun satu juta jembatan untuk keluarga Indonesia, juga mewujudkan KATAJAGA yaitu Kampung Total Jembatan Keluarga, dengan tujuan untuk merebut hati rakyat, sehingga TNI dapat selalu mencintai dan dicintai oleh rakyat.

Kasad berharap TMMD tidak hanya mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh. Karenanya, dalam kaitan dengan penerapan dan upaya pelestarian budaya gotong royong, pada TMMD ke-95 kali ini, telah ditetapkan Tri Sukses TMMD yang meliputi : sukses penyelenggaraan, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat, serta yang tidak kalah pentingnya adalah sukses meningkatkan budaya gotong royong di seluruh tanah air.

Mengakhiri amanatnya Kasad mengharapkan Melalui berbagai kegiatan yang telah direncanakan tersebut, kita semua berharap TMMD kali ini akan mencapai hasil sebagaimana yang diharapkan.

Hadir pada kegiatan pembukaan TMMD ke 95 Kampung serebu, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura diantaranya Danrem 172/PWY, Wadanlantamal X Jayapura, Bupati Jayapura, Dandim 1701/Jayapura, Ketua Persit Korcabrem 172 dan para pejabat Pemerintah daerah Jayapura serta peserta yang melibatkan prajurit TNI, anggota Polri, personel Pemda dan Masyarakat  setempat.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 172/PWY buka TMMD ke 95 di wilayah Kodim 1701/Jayapura