Skip to main content
Kodiklat

Dirlat Kodiklat TNI AD Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Dibaca: 39 Oleh 01 Okt 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bandung – Seluruh anggota Makodiklat TNI AD memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2015 dalam suatu upacara militer yang dilaksanakan di lapangan Upacara makodiklat TNI AD jalan Aceh No.50 Bandung ,Kamis(1/10).

Upacara mengenang tragedi nasional akibat pengkhianatan terhadap Pancasila diikuti oleh anggota militer dan PNS Makodiklat TNI AD itu dipimpin Dirlat Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Bambang Busono, sebagai Irup dan komandan upacara Paban Opslat Kolonel Inf Supriono. Dalam upacara tersebut ditandai ikrar kesetiaan terhadap Pancasila yang dibacakan oleh Mayor Inf Jujun Juansah.

Secara lengkap ikrar tersebut sebagai berikut : Dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini, menyadari sepenuhnya : – Bahwa pada tanggal 1 Oktober 1965, telah terjadi Kup terhadap pemerintah Republik Indonesia yang syah, yang dilancarkan oleh PKI dengan G.30.S-nya, yang mengakibatkan timbulnya tragedi nasional, dengan di tandai gugurnya pahlawan-pahlawan revolusi, dengan secara kejam dan keji, diluar batas-batas kemanusiaan. – Bahwa tragedi nasional tersebut, dimungkinkan oleh kelengahan, kekurangwaspadaan, dan adanya kegiatan pimpinan PKI, yang sengaja menipu sebagian rakyat Indonesia, dalam usahanya menumbangkan Pancasila.

Baca juga:  Wakil Direktur Strategi Kebijakan Dan Perencanaan Angkatan Darat Amerika Serikat Kunjungi Kodiklat TNI AD

Bahwa kebenaran dan keadilan, adalah sendi-sendi perikehidupan manusia yang harus dijunjung tinggi, dipertahankan dan ditegakhormati. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati para pahlawan kusuma bangsa, yang telah membasahi persada Ibu Pertiwi dengan darahnya, bagaikan amanat perjuangan bagi kita sekalian, kami membulatkan tekad, untuk mempertahankan dan mengamalkan Pancasila, sebagai sumber kekuatan dalam perjuangan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, demi terlaksananya amanat penderitaan rakyat.
Demikian pelaksanaan Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila yang berjalan dengan penuh Hikmat, tertib, aman dan lancar.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel