TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gunung Lawu Terbakar, Enam Pendaki Tewas, Puluhan Terjebak

By 19 Oct 2015 09:28Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Sekitar 50 pendaki terjebak di lereng Gunung Lawu yang masuk wilayah Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan Jawa Timur, kemarin. Enam diantara mereka Dikabarkan tewas terpanggang karena berusaha menyelamatkan diri dari kebakaran lahan hutan.

Informasinya, ada lima orang yang meninggal dan identitasnya belum diketahui karena proses evakuasi masih dilakukan, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Agung Lewis, kemarin.

Menurut Agung, proses evakuasi para pendaki dilakukan tim gabungan yang di antaranya terdiri atas petugas BPBD, kepolisian, TNI Angkatan Darat, dan Palang Merah Indonesia Magetan. Mereka menyisir jalur pendakian antara pos 3 dan pos 4 yang merupakan lokasi kebakaran hutan.

Pada Ahad malam, BPBD berhasil mengevakuasi tiga pendaki yang selamat. Ketiganya mengalami luka bakar sekitar 80 persen. Ketiga korban itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Sayidiman Magetan.

Pendaki yang selamat, Dita Kurniawan, 18 tahun, mengatakan kebakaran lahan hutan di tepi jalur pendakian terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Ketika itu, ia dan sejumlah pendaki  yang sudah  mencapai   puncak  gunung  sedang  berjalan  turun. Tiba-tiba semak-semak di tepi jalur pendakian antara pos 3 dan 4 terbakar. Api cepat membesar karena anginnya kencang, kata Dita.

Melihat itu, ia melanjutkan, sejumlah pendaki  panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan kembali berjalan naik. sebagian di antara mereka melompat ke ranting-ranting pohon yang tidak terbakar. Sewaktu menyelamatkan diri, saya melihat ada lima orang yang tergeletak di jalur pendakian. Sebagian anggota tubuhnya terbakar, ucap Dita. (Sumber: HU Koran Tempo)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gunung Lawu Terbakar, Enam Pendaki Tewas, Puluhan Terjebak