TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemah Bakti Wira Kartika Kodam VII Ditutup

By 26 Oct 2015 13:29Kodam VII/Wirabuana
fOTO TUTUP PERSAMI 3

Setelah melaksanakan kegiatan perkemahan selama 4 hari (Kamis-Minggu/22-25/10), perkemahan bakti pramuka saka wira kartika nasional jajaran Kodam VII/Wrb Se-Sulselbar pada Minggu (25/10) ditutup oleh Sekda Toraja Utara Drs. EK. Lewaran Rante La’bi ,MH yang membacakan amanat Pangdam VII/Wirabuana bertempat di Lapangan sepak bola To Barana Kec. Sa’dang Kab. Toraja Utara dan di hadiri oleh Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Syafruddin, S.E.,M.M.,M.Tr. (Han), Unsur FKPD, kepala Daerah Se-Sulselbar dan FKPD, para Dandim jajaran Korem 142/Tatag.

Adapun materi kegiatan yang telah diberikan oleh panitia dan Saka wira kartika diantaranya :  kegiatan out bound, ceramah wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, ceramah 4 pilar kebangsaan, sholat jumat berjamaah, pelatihan dan pembuatan Kawasan Rumah Pangan lestari (KRPL), Karya Bakti menananm pohon, Ketrampilan Pramuka, Pembinaan Saka, Proxy War (perang Proxy), Bahaya laten Komunis (Balatkom),  menonton film perjuangan, api unggun serta pentas seni.

Kegiatan perkemahan nasional ini dilaksanakan secara Nasional dan serentak di tiap tiap kodam. Sedangkan Kodam VII/Wrb sendiri dihadiri oleh seluruh Saka wira kartika dari Kodim jajaran korem 142/Tatag yang meliputi seluruh kab/kota wilayah Prov.sulsel dan Prov.sulbar, sedangkan peserta lebih dari 1000 orang pramuka penegak dan pandega.

Dalam amanatnya, Pangdam VII/Wrb menyampaikan bahwa Sebagai generasi  muda harus menyadari bahwa arah pembangunan bangsa beberapa tahun ke depan ada di pundak kalian, oleh sebab itu, siapkan kemampuan intelektual, fisik dan mental kalian guna menerima tongkat kepemimpinan Negara pada masa yang akan datang. Tanamkan kebiasaan dalam diri kalian untuk selalu ingin mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai hal.

Adapun kegiatan kemah bakti pramuka ini mengambil Tema “ Melalui kegiatan perkemahan bakti pramuka saka wira kartika Kodam VII/Wrb se-Sulselbar kita tingkatkan semangat Gotong Royong dan Bela Negara Bagi generasi Muda guna Menjaga Tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia “. Disamping itu kegiatan ini dalam rangka mendukung TMMD untuk menggalang persaudaraan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menambah pengalaman, ketrampilan dan wawasan kebangsaan serta membangun diri dan prestasi melalui kepramukaan yang bersifat aktif, kreatif, innovatif dan edukatif.

Tentunya kegiatan seperti ini meninggalkan kesan, kenangan manis serta pengalaman berharga bagi para adik adik pramuka dari berbagai daerah terutama materi kegiatan out bound dan api unggun serta lokasi perkemahan yang indah di to barana kec. Sa’dang kab. Toraja utara, kalau bisa ada kegiatan lagi disini. “ pemandangannya disini sangat bagus serta udaranya dingin apalagi kegiatannya menyenangkan, kalau bisa bisa diadakan lagi kegiatan disini “ ucap beberapa peserta perkemahan dari Kab. Selayar dan kab. Mamuju. berakhirnya perkemahan Bakti Pramuka Saka Wira Kartika ini diharapkan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan   diantara para peserta, meningkatkan kemampuan dan keterampilan kepramukaan serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban bela negara maupun kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya. (Penrem 142/Tatag)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemah Bakti Wira Kartika Kodam VII Ditutup