TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kepedulian Kodim 1702/JWY Kepada Korban Bencana Alam Embun Beku

By 31 Oct 2015 11:04Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-30_16-31-01

Lanny Jaya (29/10) Kepedulian Kodim 1702/JWY terhadap masyarakat pedalaman yang sedang tertimpa musibah bencana alam sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari penyerahan bantuan bamak/sembako kepada masyarakat distrik Kuyawage Kab. Lanny Jaya yang tertimpa musibah bencana embun beku.

Embun beku yang dialami selama 2 minggu tersebut mengakibatkan masyarakat Distrik Kuyawage kekurangan bahan makanan dikarenakan lahan perkebunan mereka rusak parah sehingga tidak dapat dipanen,disamping itu Distrik Kuyawage jauh dari Kota Tiom sehingga mereka kesusahan dalam belanja kebutuhan sehari-hari.

Distrik Koyawage merupakan salah satu distrik terpencil yang ada di Kab. Lanny Jaya letaknya di atas ketinggian ± 30 Km dari Kota Tiom. Hanya 10 Km yang bisa ditempuh dengan kendaraan, sisanya harus ditempuh dengan berjalan kaki karena medan naik turun gunung. Biasanya masyarakat sekitar berjalan selama 1 s/d 2 hari untuk sampai di jantung kota Tiom.

Dandim 1702/JWY Letkol Inf Muh Aidi, S.IP merasa terpanggil melihat kondisi masyarakat pasca bencana embun beku, untuk itu Kodim memberikan bantuan berupa beras 1 ton, supermi 50 karton serta pakaian layak pakai 10 karton.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan di Kampung-kampung antara lain Kampung Nambo Distrik Malaganeiri yang terdapat 27 (dua puluh tujuh) pengungsi bantuan di terima secara simbolis oleh Bpk Sendimen Yoman, di Kampung Bandogome dengan jumlah pengungsi ± 52 (lima puluh dua) orang bantuan di terima oleh Bpk. Laimbenus, di Kampung Jigimeli Distrik Malagai dengan jumlah pengungsi ± 30 orang, di Kampung Gubulambe dengan pengungsi ± 20 orang.

Turut serta dalam kegiatan penyerahan bantuan bencana alam hujan es tersebut antara lain : Kadis BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Daerah Lanny Jaya Bpk. Yapuk Kogoya, Ketua LMA (Lembaga Masyarakat Adat) Kab. Lanny Jaya Bpk. Aiton Kogoya, Pabung (Perwira Penghubung) Kab. Lanny Jaya Mayor Inf Sapto Tiarso, Kapolres Lanny Jaya AKBP Ali Sadikin, S.H. M.Si, Danki Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Lettu Inf Basuki Rahmat serta Danton Satgasbant Lettu Inf Dana Pranata.

Dandim 1702/JWY menyampaikan kami turut prihatin dengan masyarakat Distrik Kuyawage yang saat ini sedang dilanda bencana alam hujan es, kami akan komunikasikan dengan Pemda setempat ataupun Pemerintah Pusat untuk memperhatikan masyarakat Kuyawage, ini ada sedikit bantuan dari kami semoga bermanfaat dan membantu meringankan beban masyarakat Kuyawage, semoga bencana alam hujan es/embun beku ini segera berakhir sehingga masyarakat Kuyawage dapat beraktifitas kembali seperti sedia kala.

Tokoh masyarakat Distrik Kuyawage Bpk. Terri Kogoya kami mengucapkan banyak terimakasih atas kepedulian Kodim 1702/JWY terhadap masyarakat Distrik Kuyawage, kami tidak menyangka Kodim yang berada di Wamena Kabupaten Jayawijaya jauh-jauh datang untuk kami, kami sangat menghargai pengorbanan yang dilakukan Kodim terhadap kami, kami berharap hubungan baik ini dapat terjaga, kami sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan semoga Tuhan membalas semua ini.Pendam 17 Cenderawasih.

Kepedulian Kodim 1702/JWY Kepada Korban Bencana Alam Embun Beku