Skip to main content
Kodam Jaya

Kodam Jaya Laksanakan Tahlil dan Doa Bersama Untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan Revolusi

Dibaca: 94 Oleh 01 Okt 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

“Sebagai bangsa yang paham sejarah, kita harus selalu waspada terhadap komunisme. Oleh karena itu dengan mengenang yang dilandasi oleh jiwa dan tekad kepahlawanan yang ditunjukkan pahlawan revolusi. Maka kita wajib melestarikan agar menjaga keutuhan NKRI,” Tegas Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono saat melaksanakan Doa dan Tahlil bersama yang diselenggarakan oleh Kodam Jaya/Jayakarta untuk memperingati hari G30SPKI di Lubang Buaya, Cipayung Jakarta Timur. Rabu (30/09).

Dalam kegiatan ini pula Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Teddy Lhaksmana menyatakan bahwa Tahlil dan doa bersama ini semata dilakukan untuk mendoakan dan mengenang para pahlawan yang gugur dalam pemberontakan komunis 30 September 1965 silam.

Adapun Ke-7 Pahlawan revolusi yang menjadi korban kebiadaban PKI dan dibenamkan ke dalam sumur tua diantaranya Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Anumerta Sutoyo Siswomiharjo, Mayor Jenderal Anumerta D.I. Pandjaitan, Letnan Jenderal Anumerta Suprapto, Letnan Jenderal Anumerta M.T. Haryono, Letnan Jenderal Anumerta Siswondo Parmandan Kapten CZI Anumerta Piere Tendean.

Baca juga:  Letjen TNI Agus Sutomo, S.E., Serahkan Tongkat Kepemimpinan Kodam Jaya Kepada Mayjen TNI Teddy Lhaksmana

Doa dan Tahlil bersama ini juga untuk mengingatkan mengenai bahaya laten paham komunisme yang dapat memecah belah bangsa Indonesia seperti yang terjadi 50 tahun lalu. “Kita mengenang gugurnya pahlawan revolusi yakni dengan pengkhianatan 1 oktober 1965 dini hari. Ini harus dihayati bahwa pemberontakan ideologi komunis terhadap Pancasila. Pengkhianatan yang sangat biadab terhadap pahlawan kita,” Tegas Pangdam Jaya.

“Kegiatan Ini penting, agar sejarah tidak diputarbalikan. Komunis adalah bahaya laten, musuh bersama agar kita tidak terpengaruh idologi lain,” sambung Pangdam Jaya.

Lebih lanjut sebagai bangsa yang memiliki sejarah kental dengan ideologi komunisme, sudah selayaknya Indonesia memerangi paham tersebut dengan menjunjung tinggi ideologi pancasila.

Acara Tahlilan dan doa bersama ini juga dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Erwin Syafitrie, Kapolda Metro Jaya dan segenap pejabat TNI AD, AL, dan AU serta keluarga besar pahlawan revolusi, saksi pelaku sejarah, dan pejabat pemerintahan

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel