TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0709/Kebumen Gelar Aksi Tanam Mangrove

By 02 Oct 2015 10:36Kodam IV/Diponegoro
0210201504
Kodim 0709/Kebumen adakan penanaman pohon Bakau jenis Lisokora sejumlah 2500 pohon di Pantai Logending. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI  ke-70 dan Hari Ulang Tahun Kodam lV/Diponegoro ke-65.

Sebagai koordinator kegiatan Penanaman Pohon Bakau ini adalah Kapten Infantri Bambang Muldianto, Wakil Koordinator Kapten Czi Salyio diikuti oleh berbagai instansi diantaranya adalah TNI AD, TNI AL, POLRI, Basarnas, Tagana, Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Polmaswas, FKPPI, pelajar  jumlah personel 203 orang.
Hadir dalam kegiatan ini adalah Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widya Winaya, SH  yang diwakili Kasdim 0709/Kebumen Mayor Arh Soeparjo, Kaminvetcat Mayor Inf Sugito, Asisten ll Kabupaten Kebumen Bapak In Tri Haryono, Kadishut Kabupaten Kebumen, Ka Asper Gombong, Muspika Kecamatan Ayah, Para Danramil jajaran Kodim 0709/Kebumen, Danpos AL logending,  Kapoairud, Ka Pariwisata Logending, Ka KPL  pansela Bapak Sukamsi, Kasar wallet Perkasa Kebumen, Katagana Kabupaten Kebumen, Kades Ayah.
Kegiatan ini di awali dengan upacara sebagai Inspektur Upacara Kasdim 0709/Kebumen Mayor Arh E Soeparjo dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis oleh Irup kepada perwakilan tiap-tiap Instansi yang terlibat dalam kegiatan ini.
Dandim 0709/Kebumen dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdim menyampaikan bahwa Penanaman Bakau dilaksanakan dalam rangka HUT Ke-70 TNI di wilayah Kodim 0709/Kbm. Dengan bertambah usia nantinya, semoga semakin meningkat pula profesionalitas kinerjanya,  sekaligus kepeduliannya pada kehidupan sosial kemasyarakatan, khususnya di wilayah Kab. Kebumen yang sekiranya masih membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita. Termasuk peran sertanya dalam menjaga kelestarian lingkungan, seperti penanaman bakau yang kita lakukan saat ini.
Hal itu perlu disampaikan karena bakau memiliki banyak manfaat, minimal 3 (tiga) fungsi utama yaitu fisik, biologi dan ekonomi. Fungsi fisik, antara lain sebagai peredam gelombang, angin dan badai, pelindung dari abrasi, penahan lumpur dan perangkapsedimen, menjag agaris pantai agar tetap stabil serta mengolah bahan limbah. Fungsi biologi, antara lain sebagai pemasok larva ikan, udang dan biota laut lainnya, karena merupakan habitat alam dibagi berbagai jenis biota dan juga sebagai daerah asuhan (nursey ground), daerah mencari makanan (feeding ground) dan daerah pemijahan (spawning ground) berbagai jenis ikan, udang dan biota laut lainnya. Sedangkan fungsi ekonomi yang potensi adalah sebagai tempat pariwisata/rekreasi, bahan baku aneka jenis makanan, penghasil kayu, bahan baku arang dan lain sebagainya. Apabila dioptimalkan dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai tempat penelitian dan pendidikan.
Mengingat saat ini konsentrasi bertumpu pada mitigasi bencana kelautan, maka penanaman bakau ini berdayaguna positif untuk mencegah terjadinya abrasi di sepanjang bibir pantai yang berdekatan dengan pemukiman penduduk. Ini saya sampaikan karena sangat d isayangkan apabila wilayah pemukiman penduduk yang sangat vital, kalau akhirnya harus tergerus abrasi air laut. Maka, penanaman bakau harus digalakkan. Pemeliharaan juga harus terus dilakukan, dengan memantau perkembangan tanaman dan melakukan tambal sulam kalau ada yang mati.Untuk itu, saya sampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada prajurit TNI jajaran Kodim 0709/Kbm bersama Dishutbun dan masyarakat atas partisipasinya dalam menanam bakau pagi ini.
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kostrad Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam V/Brawijaya Kodam I/Bukit Barisan Kodam XII/Tanjungpura Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kodim 0709/Kebumen Gelar Aksi Tanam Mangrove