TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0709/Kebumen Gelar Lomba Prahu Mancung

By 12 Oct 2015 07:09Kodam IV/Diponegoro
IMG_7692

Olahraga dayung tradisional melalui kegiatan peringatan HUT TNI ke-70 dan HUT Kodam IV/Dip ke-65 Dandim 0709/Kebumen Cup 2015 menjadi perhatian serius Dandim 0709/Kebumen Putra Widyawinaya, S.H. Bahkan, kawasan pantai seperti pantai Logending Kecamatan Ayah akan dicanangkan menjadi pusat wisata dan olahraga dayung. “Kawasan pantai Logending tidak saja sebagai objek wisata, tapi jadi lumbung ikan,” kata Dandim, saat memberikan sambutan lomba dayung perahu tradisional di Kecamatan Ayah, Minggu (11/10).

Untuk regenerasi dayung di wilayah Kabupaten Kebumen, diharapkan generasi muda menjiwai olahraga dayung. Sehingga Kebumen memiliki atlet dayung andalan, mengharumkan nama Kebumen. Menurut Dandim, lomba dayung merupakan pelestarian budaya bangsa. Apalagi lomba dayung sering digelar di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional. Melalui event ini, Dandim berharap agar setiap tahun selalu dilaksanakan dan diagendakan pihak pemerintah daerah sebagai salah satu aset yang perlu pembinaan serius.

Ketua penyelenggara Saliyo menyatakan, lomba dayung perahu tradisional di Kecamatan Ayah ini diikuti 24 orang peserta dari beberapa wilayah kecamatan. Jarak tempuh 500 meter. “Yang unik perhatian masyarakat terfokus pada perlombaan, ini menandakan bahwa masyarakat kita membutuhkan terobosan baru dalam mengangkat nama daerahnya melalui lomba dayung tradisional ini,” kata Saliyo yang juga Danramil 22/Ayah Kodim 0709/Kebumen.

Untuk diketahui, pada kegiatan perlombaan perahu dayung tradisional kali ini, masyarakat yang menyaksikan lomba dayung perahu tradisional dihibur dengan irama musik yang diikuti joget masal Dandim beserta para prajurit dan anggota Persit, disamping itu juga ada pengundian doorprize yang siap dibagikan.

Dalam lomba kali ini keluar sebagai juara 1 Budiman asal Desa Jetis Kab. Cilacap berhak menerima Tropi, Piagam dan uang pembinaan. Juara 2 Saimun asal Desa Jetis Kab. Cilacap berhak menerima Tropi, Piagam dan uang pembinaan. Juara 3 Saditan Desa Jetis Kab. Cilacap berhak menerima Tropi, Piagam dan uang pembinaan. Pada kesempatan tersebut secara langsung hadiah diserahkan Dandim 0709/Kebumen.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0709/Kebumen Gelar Lomba Prahu Mancung