TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0713/Brebes Bersama Pemkab Brebes Gelar Istighotzah Dan Sholat Istisqo

By 27 Oct 2015 07:24Kodam IV/Diponegoro
brb

Bulakamba, Senin (26/10/2015) Kemarau panjang yang melanda sekarang ini mengakibatkan kekeringan dibeberapa areal persawahan dan pertanian bawang diwilayah Kabupaten Brebes.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengatasi kekeringan tetapi sampai saat ini belum terlihat tanda-tanda akan turun hujan. Kodim 0713/Brebes bersama Pemkab Brebes dengan menggandeng para ulama dan masyarakat menggelar Istighotzah dan sholat Istisqo (Sholat minta hujan) yang dipusatkan diareal lapak bawang Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Sebagai Imam dalam Sholat Istisqo ini adalah KH. Khoiron Al Habib dan sebagai Khotib KH. Subkhan Makmun. Ribuan warga masyarakat turut mengikuti kegiatan Istighotzah dan Sholat Istisqo tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S. IP, Forkompinda Kabupaten Brebes, Anggota TNI/Polri, jajaran SKPD Kab. Brebes, tokoh agama, tokoh masyarakat, ulama dan santri, pelajar serta warga masyarakat.

Dalam sambutannya, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S. IP mengatakan, “ Kita semua berharap agar kemarau yang berkepanjangan segera berakhir dan marilah kita berserah diri serta berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberikan hujan. Dengan melalui Sholat Istisqo ini mudah-mudahan apa yang kita inginkan dapat dikabulkan “.

Pada kesempatan yang sama Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE mengatakan, “ Marilah kita sama-sama memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar apa yang kita minta bisa dikabulkan sehingga diwilayah Kabupaten Brebes segera turun hujan. Warga Brebes saat ini sangat menantikan datangnya hujan untuk mengairi lahan pertanian mereka yang sudah mengering, akibatnya banyak petani yang mengalami gagal panen. Kita semua berharap dengan melaksanakan Sholat Istisqo secara bersama-sama ini akan segera turun hujan diwilayah Kabupaten Brebes supaya masyarakat Brebes bisa bercocok tanam kembali sehingga bisa dinikmati oleh warga Brebes dengan hasil yang meningkat.

Warga masyarakat sangat antusias dan khusyuk dalam melaksanakan Sholat Istisqo tersebut, agar segala doa yang dipanjatkan dapat terkabulkan. Selain dihadiri warga masyarakat, dalam kegiatan tersebut dihadirkan pula hewan-hewan ternak sebagai salah satu syarat dalam ritual Sholat Istisqo diantaranya kambing, kerbau, bebek, ayam dan hewan ternak lainnya.  (Kodim 0713/Brebes).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0713/Brebes Bersama Pemkab Brebes Gelar Istighotzah Dan Sholat Istisqo