TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0814/Jombang Memberikan Bantuan Air Bersih Bagi Warga yang Dilanda Kekeringan

By 06 Oct 2015 07:26Kodam V/Brawijaya
3

Kodim 0814/Jombang mengirimkan bantuan  air bersih secara gratis untuk warga Dusun Randurejo, Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jumat (3/10/2015). Selain sebagai bentuk kepedulian sosial, kegiatan tersebut juga untuk menyambut HUT ke-70, yakni 5 Oktober 2015. Saat air bersih sebanyak dua tangki sampai di Dusun Randurejo, ratusan wadah air milik warga sudah ditata berderet sedemikian rupa. Selanjutnya, wadah-wadah tersebut diisi air bersih untuk dibawa pulang. Bagi warga yang usianya sudah manula, sejumlah anggota TNI membantu mengangkat air tersebut. Dengan berseragam loreng, mereka memikul beberapa ember air bersih untuk diantar kepemukiman warga.

Kepala Staf Kodim  0814 Jombang, Mayor Inf Khoiruman mengatakan,  air bersih yang dikirim kedaerah kekeringan tersebut gratis.Hal itu sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat yang dilanda krisis air bersih. “Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat,” katanya ketika berada di lokasi. Mayor Inf Khoiruman menambahkan,” selain Kecamatan Kabuh. Dalam rangka HUT TNI ke-70 rangkaian kegiatan Karya bhakti dari Kodim 0814/Jombang dan satuan TNI yang ada wilayah Kab.Jombang tidak hanya ini saja kemarin juga diadakan donor darah,pengerasan jalan di beberapa wilayah Kodim Jombang.

Julaikah (48), salah satu warga mengaku sangat terbantu dengan adanya kiriman air bersih tersebut. Pasalnya, sejak musim kemarau datang, sekitar 200 kepala keluarga diterpa krisis air bersih. Sumber air mulai mengering, sumur warga juga mengering. Praktis, warga hanya mengandalkan air dari sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai untuk mandi hingga untuk kebutuhan konsumsi. Padahal, air sungai itu sendiri kurang higienis. Sudah begitu, jarak antara sungai dengan pemukiman warga cukup jauh. “Jika air sungai tidak mencukupi, kami terpaksa membeli air bersih dengan hargaRp 5 ribu per jerigen. Jadi bantuan air bersih dari Kodim Jombang ini sangat bermanfaat bagi kami,” ujarJulaikah.

Kegiatan ini berlangsung dengan guyub rukun antara warga dan TNI, personil yang terlibat meliputi dari personil Kodim, Koramil 0814/07 kabuh serta personil dari Satrad 222. Karena  bersama rakyat TNI bisa kuat. Authentifikasi : Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Arm Imam Duhri

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0814/Jombang Memberikan Bantuan Air Bersih Bagi Warga yang Dilanda Kekeringan