TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1619/Tabanan Siapkan 15 Judul Film di TMMD, Hari Ini Tayang Perdana

By 13 Oct 2015 06:38Kodam IX/Udayana
IMG-20151012-WA0068-2

Mengingat masa-masa kecil, di era tahun 1980 hingga 1995 pasti akan teringat juga dengan hiburan-hiburan Jadul kala itu, seperti Sirkus, Pasar Malam atau Layar Tancap dan sebagainya. Bersama orang tua, kakak, adik, anak, isteri, cucu, kerabat dan masyarakat semua berbondong dan memadati lapangan meski jarak yang harus mereka tempuh cukup jauh. Selanjutnya ribuan manusia akan terdiam, terpana mengikuti alur cerita film dengan seksama sambil sesekali para pedagang kaki lima dengan kue tradisional menjajakan dagangannya. Sungguh suasana yang sangat luar biasa dan penuh kegembiraan.

Mungkin nostalgia indah itulah yang melandasi Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril nwar, S.Sos untuk berkoordinasi dengan Dirjen Kebudayaan Bali NTB NTT Jakarta untuk menggelar acara bioskop keliling selama pelaksanaan TMMD di Desa Bantas Kecamatan Selemadeg Timur. Berita baik akhirnya tiba, permohonan yang dilayangkan membuahkan hasil, sehingga Dirjen Kebudayaan memerintahkan BPNB Bali untuk menghandel semua keinginan Dandim 1619/Tabanan yang cukup inovatif. Beberapa minggu kemudian, tepatnya tanggal 22 September 2015, beberapa petugas dari BPNB Bali menghadap ke Dandim 1619/Tabanan untuk proses pemilihan judul film karena BPNB sendiri telah memiliki koleksi sekitar 45 judul film yang lulus sensor dan layak tonton dan BPNB telah mengantongi Hak Tayang sebagai sarana penerangan.

Malam ini, Senin 12/10/2015 merupakan tayangan perdana Bioskop Keliling kerjasama Kodim 1619/Tabanan dengan BPNB Bali (Dirjen Kebudayaan Bali NTB NTT) dalam rangka mengisi dan memeriahkan kegiatan TMMD ke-95 di Desa Bantas. Lima belas judul film telah disiapkan, diantaranya Rumah Seribu Ombak, Darah Garuda, Pahlawan tak kenal mati, Pasukan Kapiten, 5 Cm, Pengkhianatan G.30.S/PKI, The Long March, Lima Elang, Soekarno Ketika Bung di Ende, Laskar pemimpi, Tampan Tailor, Merah Putih, Hati Merdeka dan  Garuda di Dadaku.

Dandim 1619/Tabanan saat dihubungi melalui telefon berharap hiburan yang diberikan oleh Kosatgas TMMD Kodim 1619/Tabanan ini bisa diambil manfaat ceritanya, karena film yang akan ditampilkan sudah lulus tayang dan crew film merupakan badan yang resmi yang tugasnya memang memberikan hiburan bioskop keliling kepada masyarakat di Bali NTB dan NTT. Lebih jauh Dandim juga menjelaskan bahwa kesemua judul film tersebut Hak Tayangnya juga sudah dimiliki oleh BPNB Bali sehingga cukup legal atau aman untuk ditampilkan. Namun, sebelum para penonton nanti menikmati film, akan ada Tim Penyuluhan dari Satgas TMMD ke-95 yang akan mengambil waktu untuk mengisi kegiatan Non Fisik berupa ceramah sesuai materi. Semoga dengan kombinasi metode ini pesan-pesan Tim Penyuluh bisa lebih diterima atau ditangkap oleh masyarakat dan tercapailah sasaran kualitatif kegiatan Non Fisik.

Kodim 1619/Tabanan Siapkan 15 Judul Film di TMMD, Hari Ini Tayang Perdana