TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1705/Nabire Laksanakan Tanam Serempak Padi

By 16 Oct 2015 12:28Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-16_11-50-54

Nabire Bertempat di Sub Balai Benih Padi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab Nabire SP 1, Komandan Kodim 1705/Paniai Letkol Arh Yulian Iskandar, S.I.P bersama Forkopimda Nabire dan masyarakat melakukan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif di Kab. Nabire dengan Tema ” Kita Tingkatkan Produksi Padi Untuk Kesejahteraan Petani Dan Ketahanan Pangan” Kamis (15 Oktober 2015).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kab. Nabire Drs. Johny Pasande , Pejabat Eselon I, II dan III Kab. Nabire, KA Pertanian dan Holtikultura Jayapura Bpk Samuel Siriwa, Kapolres Nabire AKBP HR Situmeang.

Gerakan tanam padi ini merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah Partisipasif menuju Swasembada Pangan. Penanaman serempak menggunakan bibit jenis Impari 22 dengan sistem tanam Jajar Legowo dengan luas Lahan 1300 H

Dalam penanaman padi bersama ini melibatkan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nabire turut serta melakukan penanaman padi di lahan persawahan.

Dandim 1705/Paniai Letkol Arh Yulian Iskandar mengatakan, kebersamaan antara rakyat dan TNI AD harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’.

“Ini merupakan kegiatan kebersamaan kami dengan rakyat, karena kami berasal dari rakyat. Jadi kegiatan seperti ini perlu digalakkan lagi agar antara rakyat dengan TNI bisa menjalin kebersamaan,” kata Yulian.

Gerakan menanam padi ini juga dimaksudkan untuk memberi support kepada masyarakat agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan padi di wilayah Nabire bisa terus ditingkatkan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa banyak anak muda yang tidak tertarik dengan bekerja disawah. Hal ini membuat beberapa lahan persawahan yang ada di desa jadi tak terurus lagi. Untuk itu, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memancing warga pedesaan mau tetap melakukan penanaman padi dan tetap menjaga persawaan. Dengan demikian, Nabire akan tetap memiliki lumbung padi sendiri,” tambah Letkol Arh Yulian Iskandar. Pendam 17 Cenderawasih.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1705/Nabire Laksanakan Tanam Serempak Padi