TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Lamongan Latih Satpoll PP Kab. Lamongan tentang “ SAR “

By 15 Oct 2015 07:43Kodam V/Brawijaya
Foto – 3 Dim 0812 beri Lat SAR kpd Satpol PP
Kodim 0812/Lamongan melatih. 40 orang Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Lamongan di Balai Latihan Kerja dan Transmigrasi jl.Panglima Sudirman, Senin (12/10). Acara pelatihan Search and Resque (SAR) tersebut dibuka oleh Sekda Kab. Lamongan Dr Yurohnur Efendi dan Ir.Ardi Nursantyo (Kabid Diklat Fungsional Provinsi Jatim) dan juga Kepala Satpol PP Lamongan Tommy Tamtama Jati.

Pelatihan SAR  tak hanya mengajarkan tentang bagaimana mengevakuasi korban banjir ataupun longsor, namun juga mengajarkan disiplin ilmu lainnya,  banyak materi-materi yang akan diberikan secara langsung kepada peserta tentang  Ilmu SAR sesungguhnya. ujar Kapten Arh. GN Putu Ardana yang ditunjuk Dandim  sebagai Pelatih Kepala.
Dalam pelatihan tersebut dijadwalkan bahwa pelatih akan membina fisik serta mental para anggota Satpol PP, karena Satpol PP sebagai penegak Perda Kabupaten Lamongan, pelatih akan isi ilmu kesamaptaan dan ilmu kebangsaan, sehingga selesai dari ikuti pelatihan akan menjadi Satpol PP yang lebih tangguh dan lebih bertanggung jawab, demikian diuraikan Pelatih Kepala tentang maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut.
Setalah istirahat sholat dan makan, kegiatan berlanjut dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan yang juga disampaikan oleh Kapten Arh. GN Putu Ardana, dengan lebih menekankan jiwa Nasionalisme dan sikap Respect terhadap Para Pejuang, Atasan dan Perintah Atasan.
Ditambahkan oleh Kapten Putu bahwa sebagai Penegak Pancasila, di harapkan agar Satpol PP memiliki karakter seperti yang tercantum dalam Pancasila, mengingat  dalam kehidupan modern saat ini “ Materi “  lebih dipertuhankan,  bukan lagi tentang Citra, Harkat dan Martabat Bangsa serta Pribadi Jiwa yang Luhur.
Lahirnya MEA ( Masyarakat Ekonomi Asia ) turut memperderas arus masuknya budaya Barat ke dalam negeri, sehingga mampu merubah pola pikir sebagian generasi muda kita menjadi serba Instan, Materialistis, Hedonis dan Individualistis, lebih tertarik pada hal yang bersifat Universal dari pada permasalahan yang bersifat Nasional.
Maka tidaklah berlebihan bila pelatih dari Kodim 0812/Lamongan mengharap agar Satpol PP wajib cerdas dan cermat dalam menyikapai perkembangan wilayahnya serta mengerti dan paham benar tentang apa yang harus dilakukannya sesuai bidang tugasnya.
Selain materi wawasan kebangsaan, selama pelatihan juga akan diberikan ilmu Komunikasi, Informasi dan psikologis dalam pelatihan SAR.( Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Lamongan Latih Satpoll PP Kab. Lamongan tentang “ SAR “