Skip to main content
Kodam XIV Hasanuddin

Kodim Tator dan Sidrap Buat Jalan Beton

Dibaca: 63 Oleh 13 Okt 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) adalah program lintas sektoral TNI dan kementerian, lembaga pemerintah, serta segenap lapisan masyarakat. Program ini diharapkan akan mewadahi aspirasi serta kepentingan masyarakat pedesaan, merupakan bagian dari mewujudkan Tri Sukses TMMD sebagai salah satu langkah nyata program untuk menyukseskan serbuan teritorial seperti Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban Untuk Keluarga Indonesia (Gema Sang Juara). Demikian juga dengan program Kampung Total Jamban Keluarga (Katajaga) Hal ini disampaikan Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Bachtiar,S.IP,M.AP saat membuka TMMD ke-95. TMMD akan berlangsung selama 3 tiga pekan mulai dari 8 hingga 28 Oktober 2015.

TMMD ke-95 Tahun 2015 di wilayah Korem 142/Tatag dilaksanakan di Wilayah Kodim 1414/Tator dan Kodim 1420/Sidrap, dalam pelaksanaan pembukaan Hari Kamis Kemarin (8/10) untuk Kodim Tator di pusatkan di lapangan SD Inpres 241 Kalimbua desa Rano Tengah, kec. Rano Kab.Tator dengan Inspektur Upacara Pangdam VII/Wirabuana dan didampingi Pelaksana Harian Bupati Tana Toraja, Enos Karoma,Unsur FKPD kab. Tator, Danrem 142 Tatag Kol Inf Syafruddin,S.E,M.M., M.Tr.(Han), Dandim 1414 Tator, Letkol Inf Erwin Ferdinand Barens , para Dandim jajaran Korem 142/Tatag.Usai membuka TMMD Mayjen Bachtiar menyerahkan sembako kepada masyarakat dilanjutkan dengan penyerahan bibit manggis, rambutan serta pengobatan gratis.Pangdam juga meninjau lokasi TMMD dengan menggunakan helikopter milik TNI. Bachtiar juga meninjau lokasi rabat beton jalan sepanjang 1.000 meter.

Baca juga:  Baksos Satgas Yonif 741/GN , Ringankan beban warga perbatasan RI-RDTL

Pangdam juga menandatangani-dokumen-kerjasama-TMMD-TNI-dengan-Pemda-Tana-Toraja Bachtiar menegaskan, program TNI TMMD wilayah Kodam VII Wirabuana ditempatkan di Tana Toraja. Ada 11 kilometer jalan perintisan dan peningkatan jalan di kegiatan fisik TMMD se-Indonesia, 1 kilometer rabat beton di Tana Toraja yang akan menghubungkan Dusun Rano dengan Lembang Kangdo. Plh Bupati Tana Toraja, Enos Karoma menjelaskan, TMMD di Rano sangat diapresaisi oleh pemerintah dan masyarakat. Kegiatan TMMD baik fisik serta non fisik sangat dinikmati serta bermanfaat besar bagi masyarakat. ”TMMD di Toraja merupakan kegembiraan besar buat kami. Kami berterima kasih kepada Dandim 1414 Tana Toraja sebagai inisiator TMMD di daerah ini, lebih khusus kepada Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Syafrudin dan Pangdam VII Wirabuana. Ini bentuk perhatian luar biasa beliau kepada Tana Toraja,” kata Enos Karoma.

Selain dilaksanakan di Tana Toraja, TMMD ke-95 Korem 142/Tatag juga diadakan di Kab.Sidrap, yang upacara pembukaannya dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Buai, Kec. Watanpulu kab. Sidrap dengan Inspektur Upacara Irdam VII/Wrb serta didampingi Bupati Sidra beserta unsur FKPD, Kasrem 142/Tatag, Serta Undangan SKPD dan instansi militer, sedangkan sasaran TMMD nya berupa perintisan jalan dan peningkatan jalan sepanjang 4,2 km dan sudah dikerjakan sekitar 50 % di desa buai kec. Watanpulu, kemudian pembuatan ruas jalan beton sepanjang 500 meter tepatnya di desa Tana Toro kec. Pituriase yang sudah dikerjakan 20 %.

Baca juga:  Wujudkan Masyarakat Sehat, Satgas Yonif RK 744 Motivasi Masyarakat Aktif Posyandu

TMMD di Kecamatan Rano mengusung tema “Semangat Kemanunggalan TNI Kita Laksanakan. Percepatan Pembangunan Melalui Program TMMD Guna Meningkatkan Masyarakat di Pedesaan”.TMMD di Kecamatan Rano, sambung Erwin Barends, melibatkan 150 personil terdiri dari Dandim 1414, 721 Makkasau, Kostrad Unit 433, Armet Tamarunang, TNI AL, TNI AU, Polres Tator, dan masyarakat. Sementara kegiatan non fisik TMMD berupa penyuluhan Deradikalisasi, bahaya Narkoba, perkebunan, pertanian, peternakan, kehutanan, penanggulangan bencana, KB Kesehatan dan pemutaran film.Kegiatan tambahan TMMD di Toraja Utara adalah pembangunan jembatan gantung di Kecamatan Denpina yang menghubungkan Kurra Tana Toraja. Jembatan gantung baja di Denpina ke-3 di Toraja adalah bantuan hibah dari negara donor. Selama pengerjaannya, melibatkan tenaga asing, sehingga 3 pekan TMMD di jembatan gantung ini, kami optimis akan selesai.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel