TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 09 Balong Kodim Ponorogo Panen Kedelai

By 13 Oct 2015 13:37Kodam V/Brawijaya
Koramil Balong panen kedelai (1)

Babinsa Koramil 0802/09 Balong melaksanakan kegiatan panen raya Kedelai di lahan milik Ketua Kelompok tani Ngudi Makmur Bpk Hadi Sutrisno, Desa Dadapan Kecamatan Balong Kab. Ponorogo, Selasa (13/10).

Sebelum mengawali panen ini untuk mengetahui hasil daripada tanaman kedelai dilaksanakan Upsus Pengubinan, didapatkan hasil pengubinan tersebut dengan Ukuran 2 M persegi = 4,46 kg kedelai.

Pada kesempatan itu, Babinsa Koramil 0802/09 Balong Serka Sumaji mengungkapkan, bahwa panen kedelai kali ini seluas tiga kotak, dan dihadiri oleh KUPTD Pertanian Kec. Balong, PPL serta seluruh anggota Pok Tani Ngudi Makmur kurang lebih  45 orang anggota.

Lebih lanjut Serka Sumaji menyampaikan, Sebelum mengawali panen ini untuk mengetahui hasil dari tanaman kedelai dilaksanakan Upsus Pengubinan, didapatkan hasil pengubinan tersebut dengan Ukuran 2 M persegi = 4,46 kg kedelai.

Hasil kerjasama Babinsa dan petani ini merupakan bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang tengah digalakkan pemerintah khususnya Pemkab Ponorogo.

Diharapkan dukungan ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan. ”Program ketahanan pangan digalakkan pemerintah tidak hanya tanaman padi akan tetapi juga tanaman pangan yang lain seperti jagung dan kedelai,” Tutur Babinsa.

Untuk itu, Kodim 0802/Ponorogo melalui Babinsa di tingkat desa dan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) terus memberikan pendampingan kepada petani untuk menanam ketiga sumber makanan pokok tersebut. Kabupaten Ponorogo termasuk daerah yang dinilai berhasil melaksanakan program swasembada pangan nasional. Salah satunya dengan dilakukannya panen raya kacang kedelai di Kecamatan Balong.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 09 Balong Kodim Ponorogo Panen Kedelai