TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil Bubutan Latih Game Matematika Wawasan Kebangsaan

By 11 Oct 2015 13:45Kodam V/Brawijaya
ea33b0d59ea0e53294e55f4e28941d10

Surabaya, – Komandan Kodim (Dandim) 0830/Surabaya Utara, Letkol Ahmad Fikri Musmar intensifkan personelnya guna membantu masyarakat untuk mencerdaskan generasi muda, di wilayah tugas masing-masing.   Hal ini itu ditekankan kepada Koramil sampai Babinsa sebagai bentuk pengabdian dalam meningkatkan wawasan dan kecintaan terhadap tanah airnya, khususnya NKRI. Sabtu (10/10/2015).

Menurutnya Dandim, kesadaran dan wawasan kebangsaan merupakan hal yang menjadi perekat batin seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan konsep kebangsaan itu sendiri menjadi konsep yang mendasar bagi bangsa Indonesia. “Dalam kenyataannya, konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumus dalam Pancasila sebagaimana halnya dalam Pembukaan UUD 1945,” Paparnya.

Dandim menambahkan, wawasan kebangsaan sangat penting ditularkan kepada para siswa, sehingga para generasi muda memahami arti persatuan, kesatuan semangat gotong royong dan pentingnya bela negara. “Saya harap para generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal negatif, saya dengan para prajurit saya tidak akan berhenti untuk melakukan hal seperti ini untuk selanjutnya,” Tegas Letkol Inf Ahmad Fikri Musmar ketika diwawancarai di Makodim.

Kreatifitas para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Bubutan dalam melaksanakan Tupoksi layak mendapatkan suatu apreasiasi atau acungan jempol. Kali ini, para babinsa Koramil Bubutan di bawah naungan Kodim Surabaya Utara, gencar memberikan berbagai macam wawasan melalui sebuah game berbasis matematika.

Kali ini kegiatan dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 43 Surabaya. Para siswa-siswi sangat antusias dan semangat menerima materi game matematika yang merupakan wawasan kebangsaan dari para Babinsa.  Selain itu kegiatan ini merupakan pelatihan untuk dipersiapkan sebagai perwakilan mengikuti lomba yang akan dilaksanakan Korem 084/Bhaskara Jaya pada tanggal 13 Oktober 2015 nanti.

Upaya itu dilakukan dengan harapan, agar para generasi penerus bangsa bisa mencintai tanah airnya sekaligus tertanam jiwa kedisiplinan, moral dan etika dalam bermasyarakat maupun bersosialisasi.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan Nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini, agar mampu menjadi pemuda-pemuda yang tangguh dan cinta terhadap NKRI,” Terang Danramil, Mayor Chb Sukimun.

Danramil berharap, dengan diberikannya materi wawasan cinta tanah air melalui metode game matematikan wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh beberapa personelnya, akan tertanam jiwa nasionalisme dihati para generasi penerus untuk melanjutkan pembangunan bangsa ini.

“Mudah-mudahan dengan materi game matematika wawasan kebangsaan yang telah saya berikan, para generasi penerus lebih antusian mengikuti kegiatan ini dan sehingga mereka tidak memiliki pemikiran yang negatif dan akan menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan mampu bersaing dengan daerah lain bahkan internasional,” pungkasnya.  Autentifikasi : Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil Bubutan Latih Game Matematika Wawasan Kebangsaan