TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Lomba Permainan Matematika Bela Negara

By 15 Oct 2015 12:38Kodam V/Brawijaya
DSC_5773

Korem 084/Bhaskara Jaya menggelar lomba Permainan Matematika Bela Negara, yang diikuti para pelajar SMP binaan Kodim  jajaran Korem 084/BJ, mulai dari Madura, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo, yang bertempat di Loby Makorem 084/Bhaskara Jaya.

Pembukaan lomba yang diikuti oleh 122 peserta dari seluruh Koramil se jajaran Korem 084/BJ dan 6 peserta dari SMP Kartika tersebut dibuka langsung oleh Kasrem 084/BJ Letnan Kolonel Inf Agung Dwi Kuncoro mewakili Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad.

Danrem 084/BJ dalam sambutannya, yang dibacakan Kasrem 084/BJ mengatakan, bahwa dilaksanakannya lomba permainan matematika bela negara ini bertujuan untuk pembinaan dan kesiapan para pelajar SMP dalam rangka meningkatkan kemampuan bela negara serta memasyarakatkan kepada para pelajar SMP yang ada di wilayah kodim  jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya masing – masing, yang nantinya diharapkan dapat menjadi pelopor ataupun agen yang mampu melatih/mengajarkan serta mensosialisasikannya kepada para pelajar SMP lainnya ataupun masyarakat luas yang ada di daerahnya masing-masing, sehingga game ini dapat dikenal dan dimengerti guna meningkatkan wawasan kebangsaan di lingkungan pelajar dan masyarakat luas.

Danrem 084/BJ menjelaskan, permainan matematika bela negara itu sendiri ini lahir dari ide Danrem 084/Bhaskara Jaya bekerjasa sama dengan Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Dr. Ir. Ridwan Hasan, sehingga menghasilkan sebuah konsep permaian yang dikemas sangat menarik, yang isinya terkait dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber pada 4 pilar konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI.

Sebelum diperkenalkan kepada para pelajar SMP, permainan matematika bela negara tersebut telah dilatihkan serta disosialisasikan kepada para prajurit Korem 084/BJ serta kepada kalangan pelajar SMA dan Mahasiswa Unair Surabaya pada saat pameran Alutsista TNI di Kampus C Unair Surabaya tanggal 5 s/d 7 September 2015 serta pada saat kunjungan Kasad Jenderal TNI Mulyono pada Panen Rraya Padi Upsus 2015 di Kabupaten Sidoarjo tanggal 17 September 2015 beberapa waktu lalu dan mendapatkan apresiasi serta tanggapan yang positif, baik dari Kasad, para mahasiswa maupun pelajar yang telah mengikuti permainan tersebut. Demikian, kata Danrem 084/BJ.

Dalam lomba yang digelar dalam rangka peringatan Hari TNI ke-70 tahun 2015 ini akan diambil 4 pemenang, yang masing – masing akan mendapatkan hadiah dan penghargaan dari Korem 084/BJ. Juara I akan mendapatkan hadiah berupa uang Rp. 1.000.000, Juara II Rp. 750.000, Juara III Rp. 500.000, dan Juara Harapan mendapatkan uang Rp. 250.000, setelah melewati fase penyisihan sampai dengan final akhirnya Juara I diperoleh dari SMPN 1 Bluto Sumenep atas nama Maylulatus Samriyati menyisihkan Mochamad Fauzi dari SMPN 26 Surabaya sebagai Juara II dan Rizky Embun dari SMPN 1 Tanggulangin Sidoarjo memperoleh juara III, sedangkan juara harapan 1 diperoleh Janatul Firdaus dari SMPN 1 Lenteng Sumenep. Penyerahan Hadiah dan piagam diserahkan langsung oleh Danrem 084/BJ Kolonel Inf M. Nur Rahmad.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Lomba Permainan Matematika Bela Negara