TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 171/PVT gelar latihan penanggulangan bencana alam

By 20 Oct 2015 15:10Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-20_10-26-44

Prajurit jajaran Korem 171/PVT sebanyak 275 orang terdiri dari kelompok penyelenggara dan pelatih 75 orang dan pelaku 200 orang dipimpin oleh Pasi Lat Korem 171/PVT Kapten Inf Gurbasa Samosir menggelar latihan Penanggulangan Bencana Alam, bertempat di lapangan tembak Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Senin (19/10).

Gelar latihan penanggulangan Bencana Alam ini adalah merupakan program dari Kodam XVII/Cenderawasih, dimana Kodam sebagai Kompartemen strategis dan Kowil yang tergelar di seluruh wilayah Indonesia, mempunyai peran langsung dalam penanggulangan bencana di daerah. Korem 171/PVT sebagai Satuan Komando Kewilayahan dalam mendukung pelaksanaan tugas pokoknya memberikan bantuan kepada Pemda/Instansi lain dalam penanggulangan bencana alam di wilayah.

Latihan penanggulangan Bencana Alam ini mengambil tema ”Korem 171/PVT Melaksanakan Operasi Bantuan Penanggulangan Bencana Alam Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menaggulangi Terjadinya Bencana Alam Di Wilayah”, dengan tujuan melatih prosedur dengan tata cara kerja yang berlaku agar memiliki keterampilan dan meningkatkan kemampuan untuk merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan sekaligus menyelesaikan tugas yang diemban tepat waktu dan tepat sasarannya dan sebagai upaya meningkatkan kesiapan satuan dalam menghadapi setiap tugas. Mengingat wilayah Korem 171/PVT mempunyai kondisi Geografi, Geologi, dan Hidrologis yang sangat memungkinkan terjadinya bencana alam, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia, sehingga dampak dari bencana alam tersebut dapat menimbulkan banyak kerugian fisik dan non fisik baik harta benda dan jiwa manusia. Namun hal tesebut membutuhkan suatu pemikiran dan penanganan khusus untuk langkah-langkah antisipasi guna mengurangi korban yang lebih besar. Oleh karenanya melalui latihan ini diharapkan setiap peserta yang terlibat mempunyai gambaran prosedur tatacara penanggulangan bencana yang sebenarnya.

Pada hari pertama peserta latihan mendapatkan pembekalan dari staf BMKG Kota Sorong Bpk. Andri W. B, tentang gempa bumi dan tsunami bertempat di Aula Persit KCK Korcabrem 171. Dalam latihan penanggulangan bencana alam ini para peserta disamping mendapatkan pembekalan materi secara teori juga akan dilaksanakan praktek sesuai dengan skenario yang direncanakan bertempat di Makorem 171/PVT dan di Aimas unit II Kab. Sorong. Pendam 17 Cenderawasih.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 171/PVT gelar latihan penanggulangan bencana alam