TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kunjungan Dansatgas Sektor Utara Papua Kolonel Inf Anhar Premana Ke Pos Jajaran Kosektor Utara

By 30 Oct 2015 10:07Kostrad
dansektor
Kunjungan kerja Dansatgas sektor Utara Papua ke pos pengaman perbatasan RI-PNG merupakan program kerja yang telah di agendakan. Kunjungan kerja ini bertujuan agar lebih mendalami kinerja dan kualitas prajurit dalam melaksanakan tugas pokok untuk menjaga kedaulatan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jum’at (30/10).

 
Tugas pokok TNI adalah Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagaimana diatur dalam Undang Undang TNI No. 34 Tahun 2004. Salah satu tugas didalam OMSP adalah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan wilayah darat Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas ini tidak hanya semata mata mengamankan perbatasan Republik Indonesia secara geografis tepatnya di Papua. Namun lebih daripada itu, pasukan pengamanan perbatasan RI-PNG berkewajiban untuk menangkal serangan pihak manapun dari berbagai aspek. Aspek yang dimaksud dapat dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.
 
Brigif 6/2 Kostrad sebagai Komando Sektor Utara mendapat kehormatan didalam pelaksanaan tugas ini dengan membawahi tiga satuan penugasan. Yonif 411/R, Yonif Linud 431/SSP dan Yonif 406/CK. Kosektor Utara memiliki tanggung jawab wilayah di Papua meliputi Kabupaten Keerom , Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Jayapura. Pada ketiga wilayah ini tergelar pos jajaran Satgas dibawah Komando Pengendalian Kosektor Utara mulai dari Pos Skouw sampai dengan Pos Senggi. Komandan Brigif 6/2 Kostrad, Kolonel Inf Anhar Premana sebagai Komandan Sektor Utara, dalam pelaksanaan tugasnya sehari hari dibantu oleh para Perwira Staf dan Komandan Satgas dari masing masing satuan. Perencanaan dan persiapan untuk pelaksanaan tugas ini sudah tertuang dalam program kerja per- tri wulan yang dihimpun pada staf operasi.
 
Kunjungan Kerja Dansektor Utara Pamtas RI – PNG berlangsung selama 4 hari. Peninjauan ini diawali pada pos yang terjangkau dengan rute darat karena terdapat beberapa pos yang tidak terjangkau dengan rute darat. Dalam kunjungan tersebut Dansektor didampingi oleh Kasiops Sektor dan tim pengawal taktis sektor. Kunjungan kerja atau peninjauan pos ini dengan maksud sebagai pengecekan pelaksanaan tugas, kondisi pangkalan pos, kesehatan prajurit dan kendala kendala prajurit di lapangan yang akan menjadi evaluasi ke depan. Disamping itu kegiatan ini bertujuan untuk menjaga konsistensi kinerja dan moril pasukan di lapangan. Kondisi cuaca dan ekstrimnya medan Papua tidak menyurutkan semangat Dansektor beserta rombongan untuk segera bertemu dengan rekan rekan yang berada di pos pedalaman. Perjalanan taktis dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi dari tim pengawal mengiringi perjalanan rombongan ini. Kewaspadaan yang tinggi bermaksud mengantisipasi adanya gangguan yang tidak diharapkan selama perjalanan.
 
Setelah tiba pada setiap pos yang dituju, Dansektor beserta rombongan disambut hangat dengan penuh semangat oleh para prajurit. Semangat yang luar biasa ini menjadikan rasa optimis Dansektor akan keberhasilan tugas ke depan. Meskipun demikian, hal ini tidak menjadikan Prajurit Kosektor Utara untuk terlena karena ini merupakan awal dari tugas yang di emban. Beberapa perhatian dan penekanan di sampaikan oleh Dansektor secara langsung maupun melalui Kasiops Sektor Utara, Mayor Inf Sumardi. Penekanan tersebut antara lain : selalu menjaga kesehatan, mengutamakan keselamatan dalam setiap kegiatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap segala ancaman, senantiasa membina kemampuan prajurit baik kemampuan fisik maupun kemampuan militer dan yang terakhir adalah selalu berdoa dan berserah diri kepada Tuhan YME.
dansektor1
 
Kelima penekanan saya tersebut merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan tugas kita”, tegas Kolonel Inf Anhar kepada prajurit. 
 
Selain itu, prajurit diperintahkan untuk senantiasa menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat maupun dengan aparat / instansi pemerintahan lainnya yang berada disekitar pos karena persatuan dan keutuhan bangsa ini merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa. Dengan bersatu maka segala macam bentuk ancaman akan dapat diantisipasi dan diatasi.
 
Masalah kesehatan juga menjadi atensi pokok, dihadapkan Papua merupakan salah satu daerah yang endemik dengan penyakit malaria. Sehingga kondisi kebersihan pangkalan terutama dapur menjadi sorotan beliau. Sebagai pribadi yang bersahaja, Dansektor juga mengecek kondisi dapur dan menu yang dikonsumsi oleh prajurit. Wajib untuk selalu mengkonsumsi sayur setiap harinya. Maka pangkalan pos harus memiliki kebun sayur, selain mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan, juga berguna untuk kebutuhan sehari hari. Dengan menu makan yang sehat diharapkan dapat menangkal serangan berbagai penyakit. Sehingga Dansektor, membuat sebuah motto yang wajib ada di ruang makan, “ Prajurit datang, makan kenyang, hati senang, malaria hilang, bertempur menang ”. Sebelum meninggalkan pos yang dikunjungi Dansektor melaksanakan foto bersama prajurit.
 
Penekanan dan perhatian yang disampaikan baik Dansektor maupun melalui Kasiops wajib untuk dilaksanakan oleh prajurit Jajaran Kosektor Utara. Pelaksanaannya akan senantiasa dicek pada waktu waktu yang tidak ditentukan. “ Kedepan saya akan datang dengan tidak diketahui oleh siapapun ” ujar Kolonel Inf Anhar Premana sebelum meninggalkan pos. “Saya akan melihat apakah perintah saya dipedomani dan dilaksanakan oleh prajurit”, tambahnya. Inspeksi mendadak ini bertujuan agar selama pelaksanaan tugas Jajaran Kosektor Utara selalu konsisten dalam tugas pokok serta berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas. Waspada dan berhasil.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kunjungan Dansatgas Sektor Utara Papua Kolonel Inf Anhar Premana Ke Pos Jajaran Kosektor Utara