TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Laporan Korps Kenaikan Pangkat Prajurit Makostrad Periode 1 Oktober 2015

By 01 Oct 2015 15:32Kostrad
kostrad1

Bertempat di Ruang Mandala Makostrad, Jakarta Pusat, Kamis (1/10), Mayor Jenderal TNI Meris Wiryadi, S.IP. yang akan menduduki jabatan Kaskostrad memimpin Acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Makostrad periode 1 Oktober 2015.

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi dalam amanatnya yang dibacakan Mayor Jenderal TNI Meris Wiryadi, S.IP. menyampaikan “selamat” atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada para prajurit Kostrad semoga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja guna memikul tanggung jawab yang lebih besar, Pangkostrad juga mengingatkan bahwa pangkat dan jabatan hanya titipan dari Tuhan Yang Maha Esa dan suatu amanah dan anugerah yang patut disyukuri dan bersifat sementara yang setiap saat akan dimintai pertanggungjawabannya. Oleh karenanya, laksanakan sebaik-baiknya amanah ini dengan mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki agar senantiasa dapat melaksanakan tugas yang terbaik, selaras dengan tingkat pangkat dan jabatan yang disandang.

Kenaikan pangkat bukan sebagai hak, akan tetapi sebagai salah satu bentuk kehormatan dan kepercayaan yang diberikan negara melalui sistem penilaian yang terukur kepada prajurit yang memiliki kapabilitas, prestasi kerja dan konduite yang baik, integrasi moral, dedikasi dan loyalitas serta pengabdian yang tinggi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya

Pangkostrad mengatakan bahwa masa sekarang dan ke depan, dinamika tugas yang dihadapi semakin kompleks dan semakin tidak ringan. Berbagai dimensi ancaman lingkungan strategis baik pada tataran global, regional maupun nasional, berkembang secara dinamis, fluktuatif dan kompetitif. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi situasi pada negara kita. Sehingga diperlukan keunggulan kekuatan militer, khususnya satuan Kostrad guna menangkal ancaman tersebut. Oleh karena itu dalam mengawaki organisasi Kostrad mutlak dituntut kualitas dan kapabilitas perwira untuk senantiasa mampu mengantisipasi dan mensiasati serta mendapatkan solusi yang tepat dalam menyelesaikan setiap permasalahan melalui upaya-upaya yang konkret, kreatif dan konstruktif.

Dengan demikian, tidak berlebihan jika kenaikan pangkat seperti ini dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi, sehingga tumbuh semangat kejuangan yang tinggi dan semangat pengabdian yang terbaik. Pelihara dan kembangkan terus profesionalisme, motivasi untuk berprestasi dan selalu ingin mempersembahkan karya-karya terbaik bagi kemajuan satuan Kostrad.

Lebih lanjut Pangkostrad mengatakan hendaknya disadari bahwa keberhasilan dalam memperoleh kenaikan pangkat ini tidak terlepas dari dukungan keluarga, terutama istri yang berperan aktif dalam keanggotaan persit. Berkenaan hal tersebut, secara pribadi dan selaku panglima kostrad mengucapkan “selamat” kepada para istri prajurit yang suaminya naik pangkat, karena saya meyakini bahwa keberhasilan yang diraih sekarang ini tidak terlepas dari dukungan positif ibu-ibu sekalian.

Mengakhiri amanatnya Pangkostrad mengatakan bahwa keaktifan istri dalam berorganisasi menjadi penilaian dalam menunjang karier suami untuk naik pada jenjang pangkat yang lebih tinggi. Hal tersebut berkaitan dengan beban tanggung jawab jabatan suami terhadap keluarga besar satuan yang dipimpinnya. Namun demikian saya tekankan untuk tetap memperhatikan keseimbangan dan keharmonisan dalam membina rumah tangga dan keluarga. Jangan pernah berhenti memberikan motivasi dan dorongan kepada para suami tercinta untuk senantiasa memberikan pengabdian yang terbaik kepada satuan, bangsa dan negara.

Turut hadir dalam acara ini, Koorsahli, Asren, LO AL dan LO AU Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kabalak dan para Komandan satuan, ketua dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan pegawai negeri sipil Kostrad.

Laporan Korps Kenaikan Pangkat Prajurit Makostrad Periode 1 Oktober 2015