TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT TA 2015

By 27 Oct 2015 07:06Kodam I/Bukit Barisan
Gbr. 1

Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si membuka secara resmi Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT TA. 2015, bertempat di Lapangan Apel Makorem 022/PT Jl. Asahan Km 3,5 P. Siantar (26/10).

Kegiatan Pelatihan penanggulangan bencana yang diikuti oleh 300 prajurit jajaran Korem 022/PT yang terdiri dari penyelenggara, pendukung dan pelaku, dengan tema “Melalui Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Korem 022/PT Beserta Instansi Terkait Siap Menghadapi Kemungkinan Bencana Alam Yang Akan Terjadi di Wilayah”.

Dalam amanatnya Danrem 022/PT Kolonel Inf Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si mengatakan, latihan Penanggulangan Bencana Alam merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan prajurit maupun satuan dalam mengantisipasi bahaya bencana alam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam secara cepat dan tepat, sekaligus mensinergikan hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah, BPBD dan SAR serta instansi terkait dalam melaksanakan operasi bantuan.

Korem 022/PT sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan operasi bantuan kemanusiaan melalui pola Operasi Militer Selain Perang, khususnya menyangkut penanganan bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Oleh karena itu, latihan ini mempunyai sasaran yaitu terwujudnya konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat yang didasarkan pada partisipasi, dukungan dan prakarsa masyarakat serta instansi terkait.

Akhirnya, dengan waktu latihan yang relatif singkat ini, agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, ikuti petunjuk dan tata tertib dalam seluruh rangkaian kegiatan latihan sehingga realisme Latihan Penaggulangan Bencana ini dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Hadir dalam acara pembukaan latihan ini antara lain Kasrem 022/PT, Pabandya Kuanter Dam I/BB, Dandim 0207/Sml, Dandim 0204/DS, Danyonif 126/KC, Ketua BPBD P.Siantar, Basarnas Prov. Sumatera Utara, Kasatdisjan, Dandodik Belaneg Rindam I/BB, Para Kasi Rem 022/PT, Kapolres Siantar-Simalungun dan Satkam Simalungun.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT TA 2015