TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Letnan Kolonel Inf Sutrisno Pujiono Menjabat Danyon 500/Raider

By 02 Oct 2015 13:29Kodam V/Brawijaya
Sertijab Danyon Raider Limangatus 2

Surabaya – Pangdam V/Brawijaya Mayjen Sumardi melantik Letnan Kolonel Inf Sutrisno Pujiono untuk mengemban tugas barunya sebagai Komandan Batalyon500/Raider menggantikan Letnan Kolonel Inf Mulliadi, SH bertempat di Markas 500/Raider Surabaya, Jum’at (2/10).

Letnan Kolonel Inf Sutrisno Pujiono sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Mintel Asintel Kasdam V/Brawijaya, sedangkan Letnan Kolonel Inf Mulliadi, SH akan menempati jabatan barunya sebagai Pabandyalat Asops Kasdam V/Brawijaya.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya mengatakan bahwa serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan  Danyonif 500/Raider  ini, hendaknya dapat dipahami sebagai upaya dalam rangka untuk memelihara dan mengoptimalkan kinerja organisasi guna  mendukung pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam V/Brawijaya.

Di samping itu, alih tugas dan jabatan merupakan bagian dari pola pengembangan integritas para Perwira dalam membangun kapasitas kepemimpinan dan manajerial di berbagai bidang tugas dengan mengedepankan profesionalisme keprajuritan.

Oleh karenanya, melalui alih tugas dan jabatan ini, diharapkan akan semakin meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme serta pengalaman para Perwira guna membangun sistem kerja yang lebih efektif dan berhasil guna bagi kemajuan TNI Angkatan Darat khususnya Kodam V/Brawijaya.

Lebih lanjut Pangdam mengemukakan bahwa keberadaan Batalyon Infanteri 500/Raider sebagai satuan pemukul Kodam V/Brawijaya merupakan satuan yang disiapkan untuk menghadapi setiap ancaman dan kontijensi yang mungkin timbul diberbagai wilayah NKRI khususnya wilayah Jawa Timur. Dengan bekal kualifikasi Raider dan Mobil Udara serta kemampuan anti teror yang telah dimiliki, maka saya berharap satuan ini dapat diandalkan untuk menghadapi berbagai tantangan tugas  yang mungkin dihadapi oleh Kodam V/Brawijaya maupun oleh TNI baik dalam skala lokal maupun nasional dan dalam kondisi emergency sekalipun.

Agar tugas pokok satuan ini dapat dilaksanakan dengan optimal, maka diperlukan upaya pembinaan yang terus menerus sehingga dapat memelihara kesiapsiagaan operasional satuan.  Melalui pembinaan tersebut, diharapkan akan dapat memelihara dan meningkatkan daya tempur satuan yang meliputi daya tembak, daya gerak dan daya gempur serta unsur non fisik lainnya.  Untuk itu, kepada para prajurit saya harapkan untuk selalu   meningkatkan budaya belajar dan berlatih agar menjadi prajurit Raider yang dapat dibanggakan sesuai dengan semboyan ”Cepat, Senyap dan Tepat”. Saya berharap semboyan tersebut bukan hanya sebatas slogan kosong dan kebanggaan semu, akan tetapi harus dapat kalian wujudkan dalam bentuk kemampuan yang dapat dibuktikan di setiap medan tugas, sebagaimana yang telah ditunjukkan para pendahulu satuan ini dengan berbagai prestasi yang membanggakan dimasa lalu.

Perlu diingat peran para Komandan Satuan sebagai pemimpin dan manajer harus mampu mengembangkan inovasi baru dalam upaya peningkatan pola pembinaan satuan, sehingga kendala-kendala dibidang sarana prasarana dan Alutsista yang dimiliki saat ini dapat dioperasionalkan secara optimal.

Satuan ini dibentuk sebagai satuan yang benar-benar harus dapat diandalkan dalam mengatasi kondisi normal maupun darurat, untuk itu latihan keras dan terarah, disiplin dan loyal, berani menghadapi tantangan, tulus serta ikhlas adalah menjadi trade mark (ciri khas) prajurit Raider sejati dalam setiap langkah dan tindakannya.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut, Pangdam V/Brawijaya menginstruksikan kepada segenap prajurit Yonif 500/Raider khususnya dan segenap prajurit Kodam V/Brawijaya untuk agar prajurit meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas kehidupan Prajurit, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Meningkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas sebagai prajurit Raider, serta perkokoh soliditas dan solidaritas satuan, sebagai basis utama dalam melaksanakan tugas pokok satuan,

Menanamkan semangat jiwa korsa dan kebanggaan satuan yang positif, dengan memberi contoh teladan kepada prajurit, seraya memantapkan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional,

Meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan operasional satuan, guna menghadapi setiap tantangan tugas yang akan dihadapi,

Dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, dan bangun kebersamaan dengan segenap komponen bangsa dalam menyikapi berbagai permasalahan bangsa sebagai modal utama dalam menjaga tetap tegaknya NKRI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Letnan Kolonel Inf Sutrisno Pujiono Menjabat Danyon 500/Raider