TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mayjen Agus Perkuat Terirorial

By 29 Oct 2015 10:33Lat Ancab
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VII Wirabuana, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Agus Surya Bakti, berkomitmen memperkuat teritorial wilayahnya yang rawan aksi teror. Dia tak memungkiri penempatan dirinya sebagai pangdam Wirabuana karena mempertimbangkan kondisi Poso, Sulawesi Tengah, yang sampai saat ini masih rawan dan penyelesaian terhadap aksi teror belum tuntas.

Ada harapan karena saya memiliki background BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris) dan pengalaman di bidang terorisme bisa membantu dalam melakukan pendekatan yang lebih tepat dalam menangani Poso, katanya seusai dilantik KSAD Jenderal TNI Mulyono sebagai pangdam VII Wirabuana menggantikan Mayjen TNI Bachtiar di Gedung Jenderal AH Nasution, Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, kemarin.

Menurut pria kelahiran Langkat, Sumatera Utara ini, meski penanganan terorisme adalah tugas kepolisian, TNI memiliki pembinaan teritorial kewilayahan yang juga bertanggung jawab dan menjamin daerah memiliki ketahanan keamanan yang kuat. Pola pendekatan yang akan dilakukan adalah soft approach sesuai dengan tugas TNI yakni pembinaan teritorial.

Kesadaran masyarakat juga sangat diharapkan demi sinergitas dengan aparat untuk menjaga wilayah masing-masing. Kalau ketahanan suatu wilayah sudah terjamin, hal itu akan berimbas ke daerah lain.

Terkait dengan terorisme yang ada di Poso, Agus mengaku masalah terorisme merupakan kompleksitas dari persoalan yang ada di daerah tersebut. Karena itu dengan pembinaan teritorial, TNI semestinya menguasai wilayah sehingga keamanan menjadi tanggung jawab utama seluruh prajurit.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengatakan, rotasi yang terjadi merupakan bagian dari pembinaan personel. Pak Bachtiar juga  sudah lama (sebagai pangdam Wirabuana) jadi perlu refreshing lagi. Pak Agus juga perlu pengalaman-pengalaman di bidang yang terkait dengan tugas-tugas kodam,  ujarnya. Mayjen TNI Bachtiar selanjutnya menjabat sebagai Wadan Kodiklat TNI AD di Bandung, Jawa Barat. (Sumber: HU Seputar Indonesia)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mayjen Agus Perkuat Terirorial

03 min