TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Jaya Hadiri Seminar Nasional Pembinaan Teritorial di Kampus Universitas Indonesia

By 15 Oct 2015 14:08Kodam Jaya
pangdam-jaya

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Teddy Lhaksmana menghadiri acara Seminar Nasional Pembinaan Teritorial dengan Tema “Mewujudkan Sistem Pertahanan Semesta yang Tangguh Melalui Penguatan Peran Pembinaan Teritorial TNI AD dalam Membantu Menyiapkan Kekuatan Pertahanan Negara”, bertempat di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Kamis (15/10).

“Teritorial adalah fungsi utama TNI selain pertempuran. Sehingga kami merasa perlu menyelenggarakan kegiatan ini untuk memberi pemahaman terkait keamanan dan fungsi teritorial” Tegas Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

Melihat kondisi saat ini, perlu adanya kesadaran untuk bersenergi guna membangun bangsa dalam rangka menegakkan NKRI tidak bisa hanya dilakukan satu institusi saja,tetapi kebersamaan seluruh komponen bangsa dan masyarakat.

Dalam seminar Nasional Pembinaan Teritorial ini Kasad juga menyampaikan bahwa Binter yang dilakukan oleh TNI AD selain memiliki landasan Hukum atau yurisi dari penjabaran UU No 34/2004 tentang TNI ke dalam Perpu sebagai landasan kegiatan dilapangan juga Binter dapat sebagai keilmuwan. Hingga saat ini TNI AD telah bekerja sama dengan 11 kementerian untuk mencari solusi kesulitan yang dihadapi kementerian dilapangan. Diharapkan kedepannya Binter bukan hanya menjadi fungsi utama TNI AD saja melainkan kedepannya akan menjadi milik bersama bangsa Indonesia.

“Kami berikan contoh hasil kerjasama tersebut yang diantaranya Kementerian Pertanian dengan kerjasama dalam mendukung pemerintah dalam swasembada pangan dalam tiga tahun kedepan dengan mendukung peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai melalui program perbaikan irigasi dan sarana pendukungnya. Kementerian ESDM beberapa area proyek ESDM yang strategis membutuhkan penguatan pengamanan. Perum Bulog mendukung swasembada pangan,khususnya terkait program pembangunan pertanian selama 3 tahun yang dicanangkan oleh Presiden dalam rangka membantu meningkatkan penyerapan hasil pertanian. Untuk itu TNI Angkatan Darat akan mendukung penyerapan hasil produk yang selama ini telah dilaksanakan Bulog dan beberapa contoh dari kerjasama TNI dan Perum Negara,” Tegasnya.

Dalam kesempatan sama yang disela-sela coffee break Pangdam Jaya juga menyampaikan kepada segenap civitas akademika UI bahwa teritorial bukan hanya milik TNI. Namun semua bangsa mempunyai tanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal ini juga berkaitan dengan masalah tantangan, hambatan, dan ancaman teritorial yang dihadapi saat ini dan masa depan.

“Jadi, siapa pun harus melakukan sesuatu dan mengambil peran sesuai bidang masing-masing. Pembinaan teritorial ini berkaitan erat dengan individu atau kelompok-kelompok yang ada di masyarakat,” Tegas Pangdam Jaya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Jaya Hadiri Seminar Nasional Pembinaan Teritorial di Kampus Universitas Indonesia