TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/Brw Canangkan Sejuta Jamban di Tuban

By 01 Oct 2015 06:56Kodam V/Brawijaya
5b

Tuban , ( 30/09 ) Tepatnya dirumah milik Bp. Dasiyan umur 58 tahun di Dusun Nawangan Desa Ngadirejo Kec. Widang Kab. Tuban, Pangdam V/Brw Mayjen TNI Sumardi bersama Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman pada Rabu 30 September 2015 pukul 12.30 telah dilaksanakan pencanangan secara simbolis kegiatan Sejuta Jamban bantuan TNI – AD yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di wilayah Kodim 0811/Tuban Kodam V/Brw.

Berawal dari kondisi kehidupan masyarakat khususnya di sekitar bantaran Kali Ciliwung Jakarta, dimana diperoleh keterangan bahwa masyarakat di bantaran Kali Ciliwung ternyata lebih dari 60 % tidak memiliki Jamban, dan tentu saja hal tersebut berdampak pada kebersihan dan kesehatan masyarakat setempat, sehingga Kasad menyikapi kondisi tersebut dengan memunculkan inisiatif TNI-AD untuk membantu masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu yang belum memiliki jamban, dalam program non kurikuler TNI –AD.

Pangdam V/Brw dalam ceremonial sederhana tersebut secara simbolis melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Jamban milik Dasiyan warga setempat bersama Menteri Pertanian RI Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman. Dikatakan oleh Pangdam V/Brw bahwa Jambanisasi adalah fakta yang selama ini belum tersentuh oleh siapapun, maka inisiatif TNI-AD dalam hal Jambanisasi diharapkan dapat dijadikan Stimulus bagi komponen masyarakat lainnya, dengan harapan dapat bermanfaat bagi msyarakat, sehingga Dinas Kesehatan setempat tidak perlu repot – repot melaksanakan Sanitasi, dan pada hasil pekerjaan tersebut dapat berdampak positif pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danarem 082/CPYJ Kolonel Inf Irham Waroihan S. Sos, Bupati Tuban KH. Fathul Huda, Dandim 0811/ Tuban Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto, segenap anggota Forpimda Kab. Tuban lainnya. ( Penrem 082/CPYJ )

Pangdam V/Brw Canangkan Sejuta Jamban di Tuban