TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam VII/Wrb Buka TMMD ke-95 di Tana Toraja

By 09 Oct 2015 14:44Kodam VII/Wirabuana
FOTO TMMD 2

Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI M Bachtiar,S.IP,M.Ap membuka Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 di Kalimbua Lembang Rano Tengah, Kecamatan Rano, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (8/10). TMMD akan berlangsung selama 3 (tiga) pekan mulai dari 8 hingga 28 Oktober 2015.

Saat pembukaan TMMD, Pangdam Bachtiar didampingi Pelaksana Harian Bupati Tana Toraja, Enos Karoma,Unsur FKPD kab. Tator, Danrem 142 Tatag Kol Inf Syafruddin,S.E,M.M., M.Tr.(Han),  Dandim 1414 Tator, Letkol Inf Erwin Ferdinand Barens , para Dandim jajaran Korem 142/Tatag.

Usai membuka TMMD di halaman Sekolah Dasar Inpres 241 Kalimbua, Mayjen Bachtiar menyerahkan sembako kepada masyarakat dilanjutkan dengan penyerahan bibit manggis, rambutan serta pengobatan gratis.Pangdam juga meninjau lokasi TMMD dengan menggunakan helikopter milik TNI. Pangdam juga meninjau lokasi rabat beton jalan sepanjang 1.000 meter.

Pangdam menegaskan bahwa program TNI TMMD wilayah Kodam VII Wirabuana ditempatkan di Tana Toraja, ada 11 kilometer jalan perintisan dan peningkatan jalan di kegiatan fisik TMMD se-Indonesia, 1 kilometer rabat beton di Tana Toraja yang akan menghubungkan Dusun Rano dengan Lembang Kangdo.

“TMMD adalah program lintas sektoral TNI dan kementerian, lembaga pemerintah, serta segenap lapisan masyarakat. Program ini diharapkan akan mewadahi aspirasi serta kepentingan masyarakat pedesaan”, tambah Jenderal bintang dua.

Kemanunggalan seperti ini, kata Pangdam, merupakan bagian dari mewujudkan Tri Sukses TMMD sebagai salah satu langkah nyata program untuk menyukseskan serbuan teritorial seperti Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban Untuk Keluarga Indonesia (Gema Sang Juara). Demikian juga dengan program Kampung Total Jamban Keluarga (Katajaga).

Selain dilaksanakan di Tana Toraja, TMMD ke-95 Korem 142/Tatag juga  di adakan di Kab.Sidrap, yang upacara pembukaannya dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Buai, Kec. Watanpulu kab. Sidrap, untuk sasaran TMMD nya berupa perintisan jalan dan peningkatan jalan sepanjang 4,2 km dan sdh dikerjakan sekitar 50 % di desa buai kec. Watanpulu, kemudian pembuatan ruas jalan beton sepanjang 500 meter tepatnya di desa Tana Toro kec. Pituriase yang sudah dikerjakan 20 %.

Dengan ini, katanya TNI akan merebut hati rakyat, sehingga TNI mencintai dan dicintai rakyatnya. Di tempat yang sama, Plh Bupati Tana Toraja, Enos Karoma menjelaskan, TMMD di Rano sangat diapresaisi oleh pemerintah dan masyarakat. Kegiatan TMMD baik fisik serta non fisik sangat dinikmati serta bermanfaat besar bagi masyarakat.

”TMMD di Toraja merupakan kegembiraan besar buat kami. Kami berterima kasih kepada Dandim 1414 Tana Toraja sebagai inisiator TMMD di daerah ini, lebih khusus kepada Pangdam VII Wirabuana. Ini bentuk perhatian luar biasa Pangdam kepada Tana Toraja,” kata Enos Karoma.

Dandim 1414 Tator, Letkol Inf Erwin Ferdinand Barends menambahkan, TMMD di Kecamatan Rano mengusung tema “Semangat Kemanunggalan TNI Kita Laksanakan. Percepatan Pembangunan Melalui Program TMMD Guna Meningkatkan Masyarakat di Pedesaan”.TMMD di Kecamatan Rano, sambung Erwin Barends, melibatkan 150 personil terdiri dari Dandim 1414, 721 Makkasau, Kostrad Unit 433, Armet Tamarunang, TNI AL, TNI AU, Polres Tator, dan masyarakat.

Sementara kegiatan fisik TMMD berupa penyuluhan Deradikalisasi, bahaya Narkoba, perkebunan, pertanian, peternakan, kehutanan, penanggulangan bencana, KB Kesehatan dan pemutaran film.Kegiatan tambahan TMMD di Toraja Utara adalah pembangunan jembatan gantung di Kecamatan Denpina yang menghubungkan Kurra Tana Toraja. Jembatan gantung baja di Denpina ke-3 di Toraja adalah bantuan hibah dari negara donor. Selama pengerjaannya, melibatkan tenaga asing, sehingga 3 pekan TMMD di jembatan gantung ini, kami optimis akan selesai. (Penrem 142/Tatag)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam VII/Wrb Buka TMMD ke-95 di Tana Toraja