TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peduli Lingkungan Kodim 1705/Paniai Gelar Penanaman Pohon

By 12 Oct 2015 08:13Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-11_10-05-59

Kodim 1705/ Paniai melaksanakan kegiatan penanaman perdana pohon aqularia malakenzis (Gaharu) seluas 20 Ha sebagai wujud peduli terhadap lingkungan pada Sabtu 10 Oktober 2015 di Kawasan Hutan Kampung Makimi Distrik Makimi Kab Nabire.

Dandim 1705/ Paniai yang diwakili Kasdim 1705/paniai Myr Inf Hasrifudin Harunan, S.Sos menyampaikan bahwa program penanaman pohon sedang gencar gencarnya disosialisasikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia guna mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh adanya pemanasan global yang terjadi di bumi ini. Selain itu dengan penghijauan juga mengurangi timbulnya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Kegiatan seperti ini akan terus dilanjutkan guna membantu program pemerintah dengan pencananganya yang kita kenal Go Green atau penanaman semilyar pohon yang dilaksanakan di seluruh Tanah Air. Diharapkan kegitan seperti ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat sehingga kepedulian terhadap lingkungan akan timbul dan menjadi tanggungjawab bersama, kita harus ikut menjaga keseimbangan alam dengan cara peduli lingkungan. Alam jangan hanya dijadikan obyek semata tapi kita harus menjadikan sebagai subyek, sehingga keseimbangan alam dapat terjaga dengan baik.

Kawasan Hutan Kampung Makimi Distrik Makimi Kab Nabire merupakan daerah resapan air yang menyuplai sumber air bagi masyarakat sekitar Makimi dan Nabire, akan tetapi kondisinya saat ini sudah gundul karena pembalakan liar, oleh sebap itu, Kodim 1705/paniai bersama seluruh elemen masyarakat berkewajiban merehabilitasi dan mendukung program yang di rencanakan pemerintah untuk mencegah terjadinya peningkatan pemanasan global atau Global Warming dengan cara penanaman pohon di hutan Hutan Kampung Makimi Distrik Makimi Kab Nabire secara berkesinambungan dan berkelanjutan, maka dalam beberapa tahun kedepan akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi seluruh lingkungan hidup di daerah ini pungkasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Nabire, Ka Distrik Makimi, Pasi Intel Dim 1705/Paniai, Sekretaris Dinas Pertanian dan perkebunan Kab. Nabire, Kepala Suku Makimi bpk Derek Romawi, Para kepala Kampung se Distrik Makimi,Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta 50 orang masyarakat setempat. (Pendam XVII/Cendrawasih).

Peduli Lingkungan Kodim 1705/Paniai Gelar Penanaman Pohon