TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pembinaan Kesadaran Bela Negara Saka Wira Kartika Koramil 0804/13 Bendo

By 21 Oct 2015 12:56Kodam V/Brawijaya
Danramil 13 Bendo Kapten Inf Puguh berikan kesadaran bela-negara-saka-wira kartika b (1)
Pembinaan Kesadaran Bela Negara adalah segala usaha, tindakan dan kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pengarahan dan penggunaan serta pengendalian untuk membangun kesiapan warga Negara yang di transpormasikan menjadi komponen pertahanan Negara dan membangun kemampuannya sebagai unsur kekuatan bangsa.

Hal itu, telah dilakukan oleh Koramil 0804/13 Kecamatan Bendo pada hari Rabu 21 Oktober 2015 bertempat dihalaman Makoramil 0804/13 Bendo dihadapan keluarga besar Saka Wira Kartika (SWK) Ranting Bendo yang dipimpin langsung oleh Dan Ramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Drs. Ec. Puguh didampingi Bati Wanwil Koramil 0804/13 Bendo Serma Budianto.
Satuan Karya Pramuka (Saka) dalam hal ini SWK adalah Satuan Pramuka wadah pembinaan dan pengembangan ketrampilan hidup bagi Pramuka, guna penyaluran minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan Tehnologi.
Karena itu, setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela Negara, hal tersebut diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3). Dasar Konstitusional itu menghendaki bahwa setiap warga Negara sadar hak dan kewajibannya dalam bela Negara. Namun karena kesadaran bela Negara tidak dibawa sejak lahir, maka ia harus ditumbuh kembangkan sejak dini. Salah satu upaya setrategis dalam penanaman sejak dini itu adalah pengenalan tentang Bela Negara dari sejak usia sekolah melalui berbagai kegiatan, termasuk kepramukaan.
Gerakan Pramuka (Saka Wira Kartika) merupakan lembaga pendidikan non formal menunjang pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang memiliki kesejalanan tujuan dengan bela Negara. Visi Gerakan Pramuka yang hendak mewujudkan manusia serbaguna dan patriotic, serta cakupan gerakan pramuka dari sejak usia dini sampai dengan usia dewasa, menjadi wahana ideal untuk menanamkan kesadaran Bela Negara.
Lebih lanjut disampaikan bahwa, pembinaan dan pengembangan bela Negara dilaksanakan melalui pendidikan dan latihan di gugus depan dan SWK, dalam mewujudkan manusia yang berkepribadian berwatak dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang berjiwa Pancasila, serta setia dan patuh kepada Negara kesatuan Republik Indonesia.
Adapun unsur-unsur dalam bela Negara yang antara lain   :
Kecintaan kepada Tanah air, lingkungan hidup, kewaspadaan nasional, wawasan tanah air, Mencintai produksi dalam negeri.
Kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia (kerukunan hidup, kesadaran dan pemenuhan hak dan kewajiban, penghargaan terhadap orang lain, penghormatan terhadap pendapat orang lain).
Yakin kebenaran Pancasila sebagai Idiologi Negara, orientasi nilai-nilai dalam kegiatan, promosi nilai-nilai Pancasila, berdisiplin dalam kode kehormatan Pramuka.
Kerelaan berkorban untuk bangsa dan Negara ( Menghayati profesi, pengenalan wawasan bela Negara, pola hidup sederhana, kesetia kawanan nasional).
Memiliki kemampuan awal bela Negara ( Psikis, fisik : hidup sehat, bersih, olah raga, ketrampilan dan melaksanakan sistim keamanan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembinaan Kesadaran Bela Negara Saka Wira Kartika Koramil 0804/13 Bendo