Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Pemuda Bali Nyatakan “Pancasila Adalah Kita”

Dibaca: 34 Oleh 01 Okt 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan menghadiri acara pernyataan sikap para pemuda Bali yang tergabung dalam berbagai elemen organisasi kemasyarakatan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika pada acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10) di Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar.

Acara pernyataan sikap para Pemuda di Bali yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan ini bertepatan dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan disamping itu juga seiring dengan berjalannya waktu, saat ini nilai-nilai kebangsaan sudah semakin memudar atau terkikis di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara yang diakibatkan oleh gempuran gelombang modernisasi serta globalisasi. Sehingga kita harus lebih waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk kegiatan yang dapat merongrong keutuhan dan kedaulatan Negara Kasatuan Republik Indonesia. Hal inilah yang mendorong para Pemuda di Bali untuk menyatakan sikap dengan tema “Pancasila Adalah Kita”, sebagai generasi muda penerus bangsa untuk menyatukan sikap dan tekad dalam menguatkan kembali jati diri bangsa yang sudah mulai luntur.

Baca juga:  APEL GELAR PASUKAN GABUNGAN TNI POLRI DALAM RANGKA ANTISIPASI KEPUTUSAN MK

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso menyampakan  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, bahwa reaktualisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi bagian dari solusi guna menyatupadukan kekuatan elemen bangsa dalam mewujudkan kejayaan bangsa di masa yang akan datang.

Pangdam berharap, melalui pernyataan sikap ini diharapkan masyarakat luas semakin mengetahui dan menyadari arti penting dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya membangun bangsa yang kuat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mudah-mudahan pendeklarasian pernyataan sikap ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme seluruh elemen bangsa dalam melanjutkan pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai.

Ditempat yang sama, Gubernur Bali Made Mangku Pastika juga memberikan sambutan pada acara tersebut, bahwa beliau menyambut baik dan mengapresiasi gagasan para Pemuda dengan acara seperti ini dan mendukung penuh serta akan memfasilitasi para pemuda dalam penyelenggaraan acara-acara seperti ini. Jadikan kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, tapi implementasikan  dan amalkan dalam perbuatan untuk membangun bangsa, karena generasi muda adalah generasi penerus negara ini.

Baca juga:  FUN BIKE HUT KE 69 TNI KOREM 161/WIRA SAKTI TAHUN 2014

Hadir pada acara tersebut, Unsur TNI/Polri, Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, pelajar dan undangan lainnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel