TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pencanangan dan Penanaman Padi Secara Serentak di Wilayah Kodim 1701/Jayapura

By 23 Oct 2015 07:58Kodam XVII/Cenderawasih
photo_2015-10-22_15-42-07

Jayapura. Sektor pertanian merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia khususnya bahan pangan utama yaitu beras. Harga dipasaranpun beras selalu meningkat setiap tahunnya sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, selain itu sebagian besar penduduk Indonesia khususnya Papua hidup dari hasil bertani. Papua adalah salah satu daerah yg masyrakatnya hidup dari bertani. Hal tersebut terbukti dari kegiatan rutin masyarakat di Distrik Namlong yaitu menanam padi secara massal. Seperti yang dilakukan hari ini tepatnya di Kampung Karya Bumi Distrik Namblong Kabupaten Jayapura.

Tadi siang masyarakat Kampung Karya Bumi rame-rame turun disawah untuk menanam padi secara bersama-sama dalam kegiatan Pencanangan dan Penanaman Padi secara serentak menuju Upaya Khusus ( Upsus) swasembada pangan di Kabupaten Jayapura wilayah Kodim1701 /Jayapura Tahun 2015 yang di Koordinatori Oleh Samuel Sawiri (Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hultikura Provinsi Papua).

Penanaman ini diikuti sekitar 100 orang petani berserta para pejabat Pemerintah kabupaten Jayapura, pejabat dan anggota TNI/Polri yaitu Danrem 172/PWY Kolonel Inf Sugiono, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Adriyanto, Ir. Samuel Sawiri M.Si (Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dann Hultikultura Provinsi Papua), I Nyoman Sucipta M. KP ( Asisten I Sekda Kabupaten Jayapura), Adolof Yoku SP ( Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura), Ipda S Hutabarat ( Kapolsek Nimbokran)

Acara penanaman padi secara massal dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura Adolof Yoku yang mengatakan Dinas Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua akan memberikan bantuan berupa alat pertanian untuk seluruh kelompok tani untuk digunakan dengan baik serta apa yang telah dicanangkan pemerintah dapat terlaksana dengan maksimal,selain itu Pemenrintah Daerah Kabupaten Jayapura juga berterima kasih kepada Korem 172/PWY dan Kodim 1701/Jayapura yang selama ini membantu masyarakat untuk mewujudkan penanaman bersama.

Dalam sambutan Danrem 172/PWY Kolonel Inf S. Kolonel Inf Sugiono mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan TNI sebagai Unsur yang terlibat dalam program upaya khusus swasembada pangan akan mendukung sepenuhnya agar dapat berhasil sesuai harapan yang telah di canangkan jadi TNI siap bekerja sama seluruh jajaran kodam XVII/Cenderawasih hingga sampai ke babinsa yang ada dilapangan siap membantu dan menyukseskan dan perlu kita ketahui justru dilingkungan perumahan prajurit sudah ditekankan untuk menciptakan tanaman pangan yang bermanfaat dalam upaya mendukung ketahanan pangan diwilayah kita.

Saya mengharapkan pencanangan ini bukan hanya sekedar formalitas menjalankan program tetapi betul-betul menghasilkan dan berhasil sehingga dapat mencapai predikat daerah swsembada pangandan Program upaya khusus swasembada pangan adalah membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan kebutuhan pangan dalam rangka menciptakan swsembada pangan yang dicanangkan secara nasional oleh Bapak Presiden RI oleh karena itu perlu perhatian serius dari semua kalangan agar program ini dapat berhasil sehingga diharapkan krisis kebutuhan pangan khusus di Papua dapat diatasi dengan hasil pertanian.

Selain itu saat dikonfirmasi Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Andrianto mengatakan bahwa semua babinsa harus mendampingi dan membantu petani untuk mewujudkan proses pertanian supaya tidak mendapatkan halangan sehingga bisa menghasil bulir-bulir padi yang unggul dan bisa mewujudkan program Pemerintah swasembada pangan. Dan bisa mewujudkan penanama secara massal dilakukan di daerah Distrik Namblong atas kerja sama anggota Babinsa dan Masyarakat setempat.

Sedangkan Bupati Jayapura menyampaikan melalui Asisten I sekda Kabupaten Jayapura I Nyoman Ducipta mengatakan pengembangan sektor tanaman pangan merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi pada masa yang akan datang selain berperan sebagai sumber penghasil devisa yang besar juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk indonesiadan salah satu strategi yang dilakukan dalam upaaya memacu peningkatan produksi dan produktivitas usaha tani padi adalah dengan mengintegrasikan dukungan kegiatan antar sektor dalam pengembangan usaha pertaniaansesuai laporan kepala dinas pertanian kabupaten jayapura baahwa memorandum of understanding (MOU) antara dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura provinsi papua dengan dinas pertanian kabupaten jayapura telag menyepakati target produksi dari kegiatan upaaya khusus dimana padi 7.110 Ton dengan luas lahan 1000 Hektar dan keelai 1.217 Ton dengan Luas lahan 500 Hektar saya sangat optimis bahwa kabupaaten jayapura bisa memberikan dukungan terhadap produksi nasional.

Sebelum penanaman padi dilakukan secara massal oleh para pejabat pemerintahan Daerah dan TNI/Polri dengan para petani. Pemerintah Kabupaten penyerahan secara simbolis bantuan alat pertaniaan kepada kelompok tani dan selanjutnya menanam padi secara bersama-sama.Pendam 17 Cenderawasih.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pencanangan dan Penanaman Padi Secara Serentak di Wilayah Kodim 1701/Jayapura