TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-95 Tahun 2015 Kodim 1704/Sorong

By 28 Oct 2015 13:32Kodam XVII/Cenderawasih
PENUTUPAN TMMD KE-95 2015 2

Wakil Bupati Sorong Drs. Suka Harjono, M.Si sebagai inspektur upacara penutupan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-95 tahun 2015, dihadiri oleh Kasi Ter Korem 171/PVT Kolonel Inf Ali Aminudin, Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte, para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT, Ka Polres Kabupaten Sorong AKBP Gatot Susatyo, S.Ik, Ka Distrik Klayili Bpk. Albert, Kepala Kampung Malawer Yustinus Souw, bertempat di kampung Malawer Distrik Klayili Kabupaten Sorong-Papua Barat, Rabu (28/10 ).

Dalam amanat Wakil Bupati Sorong Drs. Suka Harjono, M.Si yang membacakan amanat Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa ke-95 yang baru saja dilaksanakan ini adalah program lintas sektoral antar TNI, Kementeria/Lembaga Non Kementerian dan Pemerintah Daerah bersama-sama dengan masyarakat, yeng merupakan salah satu wujud kepedulian TNI maupun unsur-unsur terkait lainnya dalam rangka membantu percepatan pembangunan di Papua.

TNI Manunggal Membangun Desa ke-95 ini pada pelaksanaannya dibagi menjadi dua sasaran, yakni sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik diprioritaskan kepada pembangunan rumah masyarakat, pembangunan jembatan, pembangunan balai kampung, pembangunan rumah pastori, pembangunan jalan kampung, pembangunan bendungan, pembangunan gereja, pembangunan pustu dan pembangunan kantor kampung. Penentuan sasaran ini berdasarkan masukan dari apirasi masyarakat dan hasil koordinasi antara Kodim dan Pemda untuk membantu pembangunan sarana yang sangat dibutuhkan masyarakat. Sedangkan Sarana Non fisik diarahkan pada pemantapan wawasan kebangsaan, semangat bela negara dan pemantapan nilai-nilai keagamaan secara benar, supaya masyarakat tidak mudah terpengaruh terhadap berbagai isu, hasutan apalagi terprovokasi oleh ajakan yang ingin mengadu domba diantara sesama komponen bangsa. Dari semua rangkaian TMMD yang telah dilaksanakan tersebut, esensinya terletak pada pencapaian hasil Tri Sukses TMMD yakni : Pertama, Sukses pelaksanaan TMMD, Kedua, Sukses memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat dan Ketiga, sukses meningkatkan gotong royong sebagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karenanya diharapkan berbagai pembangunan yang telah dilaksanakan agar dipelihara, dirawat serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga masa pakainya dapat bertahan lama. Hal ini sejalan dengan Tema TMMD ke-95 kali ini yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa Lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Pedesaan”. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-95 Tahun 2015 Kodim 1704/Sorong