TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringatan HUT TNI di Banda Aceh Berlangsung Khidmat

By 06 Oct 2015 07:04Kodam Iskandar Muda
DSC_9694

Kodam Iskandar Muda, Upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 70 yang dipusatkan di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, berlangsung Khidmat, Senin 5 Oktober 2015, bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Agus Kriswanto.

Amanat Presiden RI Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dibacakan Pangdam, menyampaikan secara khusus berterima kasih kepada anggota TNI yang bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, dan anggota TNI yang bertugas di luar negeri sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian.

“Serta para prajurit TNI yang saat ini bahu membahu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan,” kata Pangdam bacakan amanat Jokowi, di Lapangan Blang Padang.

TNI, lanjut Pangdam, bisa menggunakan momentum ini untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Untuk itu, Presiden mengapresiasi tema HUT TNI ke 70, yaitu “bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”.

Selain itu, dengan semangat juang, TNI harus mampu menjaga kedaulatan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia dan mampu menghadapi para penjarah sumberdaya laut dan perikanan, menjaga wilayah perbatasan dan pulau-pulau terdepan kita,”kata Pangdam saat bacakan amanat Presiden.

Di dalam amanatnya juga Presiden berharap agar TNI lebih siap dalam menghadapi corak peperangan masa depan di tengah kondisi geografis khas negeri.

“Karena itu, TNI harus meningkatkan kapasitas pertahanan nasional, melalui pembentukan yang profesional dengan benar-benar terdidik dan terlatih,”harap Presiden dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam IM Mayor Jendral TNI Agus Kriswanto.

Setelah pelaksanaan upacara dilaksanakan, adapun rangkaian kegiatan dengan menampilkan tari kolosal perjuangan Panglima Jenderal Sudirman dalam mengusir penjajah oleh prajurit Kodam IM, Drum Band yang di tampilkan pelajar sekolah Dasar dan dilanjutkan Parade defile yang diikuti prajurit TNI, Mahasiswa Akper Kesdam IM dan Satuan Brimob Daerah Aceh.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringatan HUT TNI di Banda Aceh Berlangsung Khidmat