TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Personel Babinsa Udanawu Bantu Petani Perbaiki Irigasi di Blitar

By 17 Oct 2015 12:55Kodam V/Brawijaya
udan

Blitar, – Koramil 08/Udanawu Kodim 0808/Blitar bersama kalangan petani di Desa Sukorejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, gotong royong dalam pembuatan dan perbaikan parit saluran irigasi persawahan di daerah setempat.

“Kami mendapat bantuan tenaga personel Babinsa untuk kerja bakti perbaikan saluran irigasi kami,” kata Drs. Tri Ambulanto (Kades Jati, Udanawu), di Blitar, Sabtu (17/10/2015).

Ia mengatakan petani bersama personel Babinsa selama beberapa hari terakhir bergotong-royong memperbaiki saluran irigasi sepanjang  300 meter di dusun setempat. Saluran irigasi itu, katanya, bermanfaat untuk pengairan sawah seluas sekitar 30 hektare milik petani di daerah itu. Perbaikan saluran itu, katanya, dilaksanakan mereka saat ini mumpung masih musim kemarau.

“Banyak lubang tikus dan kepiting di saluran ini, sehingga harus diperbiki agar aliran air lancar, terutama saat musim hujan nanti,” katanya didampingi Pasi Intel Lettu Arm Anang. Ia menjelaskan tentang pentingnya perbaikan saluran irigasi utama untuk pertanian warga setempat.

“Untuk menjaga aliran air bisa sampai ke sawah-sawah dengan optimal, tidak ada yang merembes ke mana-mana,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan tentang pendampingan secara intensif petugas penyuluh pertanian lapangan dan Babinsa kepada masyarakat setempat, khususnya dalam pengolahan pertanian.

“Kalau ada geropyokan tikus oleh petani, kami juga dibantu tentara dari Kodim 0808/Blitar,” katanya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Personel Babinsa Udanawu Bantu Petani Perbaiki Irigasi di Blitar