TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peserta Latihan Pembentukan Raider Yonif 321 Kostrad Melaksanakan Pancangan Kaki Pantai

By 06 Oct 2015 11:46Kostrad
DSC_0769
PKP (Pancangan Kaki Pantai) merupakan suatu operasi yang dilakukan di perairan pada saat suatu kapal/perahu akan melaksanakan pendaratan pada suatu tempat yang dijadikan suatu sasaran strategis. Tempat tersebut tidak aman sehingga diperlukan suatu pasukan untuk membuat formasi PKP di tempat tersebut. Tujuannya untuk memastikan bahwa pantai tersebut aman untuk dijadikan tempat pendaratan.

Bertempat di pantai Santolo Kabupaten Garut Jawa Barat Selasa 6 oktober 2015, Batalyon Infanteri 321 Galuh Taruna/Kostrad yang sedang  melaksanakan latihan pembentukan Raider selama 3 bulan, pada saat ini sedang melaksanakan Ralasuntai salah satu materinya yaitu PKP ( pancangan kaki pantai ) yang saat ini sedang dilaksanakan oleh kompi latihan C dan D yang berjumlah 251 personel, dibawah pimpinan Perwira koordinator Kapten Inf Suhar.

Untuk kondisi laut saat ini, angin dan ombak cukup kencang, sehingga para pelaku dibutuhkan tenaga yang extra dan kekompakan dalam menghadapi kondisi laut yang kurang bersahabat tegas Perwira koordinator Kapten Inf Suhar. Para pelaku dituntut untuk mampu mendayung dan mengemudikan LCR dengan melihat situasi dan kondisi ombak yang ada pada saat itu.
Tujuan mereka melaksanakan PKP adalah utk merebut pancangan kaki pantai dilanjutkan dengan serbuan dengan formasi paruh lembing. Disamping itu tuntutan tugas ke depan bukan hanya di darat saja kemungkinan ancaman melainkan dari sektor perairan akan muncul juga. Untuk itu diperlukan kemampuan PKP dengan baik.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peserta Latihan Pembentukan Raider Yonif 321 Kostrad Melaksanakan Pancangan Kaki Pantai