TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Dan PNS Mabesad Peringati Hari Kesaktian Pancasila

By 01 Oct 2015 08:20Dinas Penerangan
utama1

Prajurit dan PNS Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) melaksanakan upacara militer dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila di lapangan apel Mabesad, Jakpus, Kamis (01/10).  Peringatan hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Oktober ini dipimpin oleh Kapok Sahli Kasad Bidang Ekonomi Brigjen TNI Rudiono Edi S, SIP, M.M.

Adapun upacara ini dimaksudkan untuk mengenang terjadinya tragedi nasional yang populer dengan sebutan G 30 S/PKI pada tahun 1965 yang telah memakan korban gugurnya beberapa Jenderal TNI-AD dan satu Perwira Pertama (Pama) beserta beberapa orang lainnya dibunuh secara keji dalam suatu usaha percobaan kudeta yang dilakukan oleh anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada upacara ini juga dibacakan ikrar sebagai pernyataan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, penegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Republik Indonesia. Sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Dispenad)

utama2

utama3

utama4

utama5

utama6

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Dan PNS Mabesad Peringati Hari Kesaktian Pancasila